MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS DI TK PGRI BANDAR LAMPUNG

M.Ibnan, Muhtadiyan (2021) MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS DI TK PGRI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS DI TK PGRI BANDAR LAMPUNG Oleh M.Ibnan Muhtadiyan Pengelolaan kelas merupakan kegiatan untuk menciptkan lingkungan belajar yang nyaman, menyenangkan sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan tenang dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang manajemen pengelolaan kelas yaitu di dalam kelas (indoor) bersifat pada fisiknya yaitu pengelolaan kelas pada sarana dan prasarananya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus bersifat deskriptif melibatkan tiga orang guru dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumen analisis. Data analisis secara kualitatif menggunakan cara reduksi data, penyajian data dan penarikkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam manajemen pengelolaan kelas di TK PGRI Kota Bandar Lampung adalah sebagai berikut yaitu : 1) penataan sarana dan prasarana ruangan yang telah disesuaikan dengan ukuran ruangan serta kegiatan yang akan dilaksanakan, 2) pengelompokkan meja dan kursi bersifat fleksibel, dimana disesuaikan dengan kebutuhan anak sehingga anak memiliki ruang gerak yang lebih leluasa, 3) dinding kelas dimanfaatkan sebagai sarana untuk menempel sumber belajar serta hasil kegiatan anak, 4) alat bermain diletakan dan disimpan sesuai dengan fungsinya dan diletakan pada tempat yang mudah dijangkau anak, 5) alat bermain didalam kelas memiliki pengamanan dimana disimpan didalam tempat khsusus untuk alat bermain yang belum dipergunakan sehingga sewaktu diperlukan dapat berfungsi dengan baik, 6) pengaturan kelas untuk TK dirancang sedemikian menyenangkan serta warna-warna yang tidak terlalu ramai, 7) setiap kelasnya memiliki jendela yang memudahkan intensitas cahaya serta udara segar untuk masuk kedalam ruangan dengan baik. Kata Kunci : Manajemen, Pengelolaan Kelas, Taman Kanak- Kanak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Nov 2021 04:29
Last Modified: 23 Nov 2021 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16530

Actions (login required)

View Item View Item