EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Musdariah, M (2017) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full_Musdariah.pdf]
Preview
PDF
Download (65MB) | Preview

Abstract

Disiplin belajar merupakan ketaatan/kepatuhan yang mengharuskan peserta didik mengikuti aturan yang berlaku di dalam belajar. Namun kenyataan yang terjadi di SMA Negeri 14 Bandar Lampung terdapat peserta didik kelas X yang tidak mematuhi peraturan dalam belajar, seperti: mencontek, dating terlambat, mengobrol saat jam pelajaran di kelas, membolos, mengganggu teman saat belajar, dan tidak mengerjakan tugas. Sehingga perlu upaya untuk meningkatkan disiplin belajar dengan menggunakan layanan konseling kelompok teknik assertive training. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran disiplin belajar peserta didik dan untuk mengetahui efektifitas penggunaan assertive training dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian berjumlah 16 peserta didik kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018 yang memiliki disiplin belajar dalam kategori rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket disiplin belajar, wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Hasil perhitungan rata-rata skor disiplin belajar kelompok eksperimen sebelum mengikuti layanan konseling kelompok assertive training adalah 48,75 dan setelah mengikuti layanan konseling kelompok assertive training meningkat menjadi 84,00. Sedangkan pada kelompok kontrol adalah 58,75 dan pada saat posttest mendapatkan peningkatan menjadi 72,25. Dari hasil uji-T dengan df = 14 dengan taraf signifikan 0,05 sebesar 2,145, dan diperoleh thitung = 4,502. Karena thitung > ttabel, maka 4,502 > 2,145 Maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi assertive training dapat meningkatkan disiplin belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 14 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 24 Oct 2017 07:48
Last Modified: 24 Oct 2017 07:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1653

Actions (login required)

View Item View Item