PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI PASAR TRADISIONAL DALAM PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pada Pasar Baru Desa Sukapura Kecamatan Sragi Kabupaten Lampung Selatan )

WIDIANI, TITE KANAYA (2021) PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI PASAR TRADISIONAL DALAM PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pada Pasar Baru Desa Sukapura Kecamatan Sragi Kabupaten Lampung Selatan ). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Islam sebagai agama yang dinamis dan universal. Ajarannya mencakup semua aspek dalam persoalan kehidupan masyarakat, baik yang menyangkut masalah ibadah maupun masalah mu’amalah. Berbicara tentang mu’amalah berarti membicarakan hubungan antara manusia dengan manusia dalam kehidupan, yang dapat berubah sesuai dengan perkembangan zaman dan tempat. Salah satunya yakni kegiatan jual beli merupakan kebutuhan masyarakat sebagai sarana dan prasarana dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari begitu juga dengan perilaku dalam transaksi jual beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam penerapan etika bisnis Islam dalam transaksi jual beli di pasar tradisional dalam perspektip ekonomi Islam dimana terdapat persaingan ekonomi yang begitu tinggi sehingga menyebabkan persaingan pelaku bisnis yang menggunakan segala cara untuk mendapatkan keuntungan bahkan mengabaikan etika dalam menjalannkan bisnisnya. Perbuatan curang dalam perdagangan sering kali dilakukan dalam menakar, menimbang dan sebagainya. Rumusan masalah yang diangkat adalah (1) Bagaimana Penerapan Etika Bisnis Dalam Transaksi Jual Beli Di Pasar Baru Kecamatan Sragi ? (2) Bagaimana Kajian Ekonomi Islam Dalam Penerapan Etika Bisnis Di Pasar Baru Kecamatan Sragi ?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui Bagaimana Penerapan Etika Bisnis Dalam Transaksi Jual Beli Di Pasar Baru Kecamatan Sragi. (2) Untuk Mengetahui Bagaimana Kajian Ekonomi Islam Dalam Penerapan Etika Bisnis Di Pasar Baru Kecamatan Sragi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan empiris. Sample dalam penelitian ini 30 pedagang dan 25 pembeli sehingga keseluruhan sample 55 responde. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis datanya bersifat Deskriptif Analisis dimana data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel kemudian diberikan penjelasan dan kesimpulam dari setiap tabel. Berdasarkan hasil observasi dan kuesioner yang diperoleh dari para pedagang dan pembeli, penerapan etika bisnis dalam transaksi jual beli Pasar Baru, sudah menerapkan etika bisnis dengan baik, namun masih banyak pedagang yang belum menggunakan etika bisnis dalam melakukan transaksi jual beli.Dan jika ditinjau dari kajian ekonomi Islam yang dijadikan tolak ukur yakni empat prinsip ekonomi syariah, hanya prinsip tanggungjawab saja yang sudah diterapkan dengan baik oleh para pedagang di Pasar Baru. Sedangkan prinsip keadilan, prinsip kehendak bebas, dan prinsip kebenaran belum sepenuhnya diterapkan dengan baik oleh para pedagang di Pasar Baru tersebut, dikarenakan masyarakat masih belum memahami etika bisnis dalam perspektif ekonomi Islam yang baik dan sesua

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Nov 2021 02:54
Last Modified: 23 Nov 2021 02:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16522

Actions (login required)

View Item View Item