ANALISIS SIYASAH DUSTURIYAH TERHADAP PENANGGULANGAN TERORISME DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 2018 TENTANG PENETAPAN PERATURAN PEMERINTAH PENGGANTI UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 2002 TENTANG PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA TERORISME MENJADI UNDANG-UNDANG

Mhd, Imam Falsafi Attaqwa. MH (2021) ANALISIS SIYASAH DUSTURIYAH TERHADAP PENANGGULANGAN TERORISME DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 2018 TENTANG PENETAPAN PERATURAN PEMERINTAH PENGGANTI UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 2002 TENTANG PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA TERORISME MENJADI UNDANG-UNDANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Sepanjang sejarah manusia terorisme menjadi momok yang amat menakutkan. Aksi terorisme yang dilakukan baik skala global maupun nasional membuat negara-negara di belahan dunia untuk membuat suatu regulasi dalam menanggulangi terorisme. Hal serupa dilakukan negara Indonesia dimana banyak aksi-aksi terorisme yang tengah terjadi di belahan daerah Indonesia. Oleh sebab itu pemerintah Indonesia melakukan berbagai cara dan upaya dalam menanggulangi terorisme di Indonesia. Penanggulangan terorisme yang dilakukan pemerintah salah satunya membuat suatu peraturan perundang-undang tentang terorisme. Islam sebagai agama yang banyak dirugikan akibat adanya berbagai aksi terorisme di Indonesia, oleh sebab itu diperlukan bagaimana pandang siyasah dusturiyah terhadap penanggulang terorisme dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018, permasalahan yang akan dibahas ialah: Bagaimana penanggulangan terorisme berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 dan Bagaimana analisis siyasah dusturiyah terhadap penanggulangan terorisme dalam Undang�Undang Nomor 5 Tahun 2018. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penanggulangan terorisme berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 dan untuk mengetahui analisis siyasah dusturiyah terhadap penanggulangan terorisme dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian ini adalah kepustakaan (library reseach), yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data yang bersifat kepustakaan, misalnya buku, majalah, naskah, jurnal, kisah, dokumen, dan lain sebagainya. Adapun dari sifat penelitiannya, penelitian ini adalah (deskritif analitis) yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan secara komperhensif mengenai suatu yang menjadi pendekatan objek, gejala atau kelompok tertentu. Dalam pengambilan kesimpulan, metode yang digunakan adalah metode deduktif, yaitu suatu pola yang dilakukan untuk mengambil kaidah-kaidah yang bersifat umum, untuk di dapatkan dan di tarik menjadi kesimpulan pengetahuan yang bersifat khusus. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa: pertama, analaisis penulis terhadap penanggulangan terorisme berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 bahwa penanggulangan dilakukan dengan berbagai bentuk tindakan, sanksi pidana terorisme, kesiapsiagaan nasional, deradikalisasi, kontra radikalisasi, badan nasional penanggulangan terorisme, Keikutsertaan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Kedua analisis siyasah dusturiyah terhadap penanggulangan terorisme dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018, bahwa penulis menyimpulkan penanggulangan terorisme dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 jika dilihat dari sudut pandang siyasah dusturiyah penanggulangan terorisme adalah salah satu prinsip hukum Islam itu sendiri yakni prinsip amar ma’ruf nahi munkar yang pada intinya bahwa apa yang dikatakan penanggulangan dalam Undang�Undang Nomor 5 Tahun 2018 sama dengan prinsip hukum Islam yang mengajarkan tentang mencegah suatu kemungkaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Nov 2021 02:33
Last Modified: 23 Nov 2021 02:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16521

Actions (login required)

View Item View Item