PENGARUH BRAND AWARENESS DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PASTA GIGI SENSODYNE DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH (Studi Kasus Pada Konsumen Sensodyne di Kabupaten Lampung Barat)

Nuraisah, Nuraisah (2021) PENGARUH BRAND AWARENESS DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PASTA GIGI SENSODYNE DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH (Studi Kasus Pada Konsumen Sensodyne di Kabupaten Lampung Barat). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Produk yang sering digunakan terus menerus oleh konsumen adalah produk pasta gigi. pasta gigi merupakan salah satu produk penting untuk kesehatan gigi. Sensodyne sering kali menjadi pelopor dalam terobosan dan klasifikasi pasta gigi, Sensodyne tidak hanya mengeluarkan produk pasta gigi yang hanya dapat menyegarkan nafas dan memutihkan gigi, Sensodyne juga dapat membantu meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh gigi sensitif sekaligus memberikan perlindungan dari rasa ngilu akibat gigi sensitif. Menurut data IPSOS Indonesia tahun 2019 sekitar 4,7 juta orang di Indonesia merasakan nyeri gigi sensitif saat mengkonsumsi makanan atau minuman dingin, panas dan asam.Sebuah laporan riset juga mengungkapkan, bahwa satu dari tiga orang menderita gigi sensitif, tetapi hanya satu dari lima yang melakukan tindakan.Sebanyak 45% masyarakat Indonesia cenderung merasakan ngilu gigi ketika mengonsumsi makanan dan minuman yang dingin, panas, manis atau asam.Rasa ngilu yang tajam ini merupakan gejala umum pada gigi sensitif, dan sering terjadi ketika mengonsumsi makanan dan minuman yang dingin atau panas. Ironisnya, 52% dari masyarakat Indonesia tidak menyadari bahwa mereka menderita gigi sensitif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah brand awareness dan brand image berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pasta gigi sensodyne di Lampung Barat? dan bagaimana brand awareness, brand image, dan keputusan pembelian dalam perspektif bisnis syariah?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand awareness dan brand image secara parsial terhadap keputusan pembelian pasta gigi sensodyne di Lampung Barat, dan untuk mengetahui brand awareness,brand image, dan keputusan pembelian dalam perspektif bisnis syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan pada konsumen sensodyne di Kabupaten Lampung Barat. Sampel penelitian berjumlah 100 responden dengan menggunakan teknik Nonprobability sampling yaitu sampling purposive. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) dengan sofware SmartPLS3 untuk pengolahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa hipotesis didukung, yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan antara brand awareness (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) pada konsumen sensodyne di Kabupaten Lampung Barat. Ini dibuktikan dengan original sample iii (O) 0,246 nilai T-statistic 2,286 > 1,96 dan P-Values 0,023 < 0,05. dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara brand image (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai original sample (O) 0,505 nilai T-Statistic 5,549 > 1,96 dan P-Values 0,000 < 0,05. Berdasarkan R2 yaitu sebesar 0,445 atau 44,5% yang artinya brand awareness dan brand image mampu menjelaskan variabilitas konstrak keputusan pembelian sebesar 44,5%, dan sisanya sebesar 55,5% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Brand awareness dan brand image pada konsumen sensodyne di Kabupaten Lampung Barat dalam perspektif bisnis syariah sebagian besar konsumen telah sesuai dengan syariat islam. Hal ini didukung oleh hasil kuesioner pada 100 responden yang sebagian besar responden memilih skor 4 dan 5 dengan indikator tagline dan kualitas. Keputusan pembelian pada konsumen sensodyne di Kabupaten Lampung Barat dalam perspektif bisnis syariah sebagian besar konsumen telah sesuai dengan syariat islam. Hal ini didukung oleh hasil kuesioner pada 100 responden yang sebagian besar responden memilih skor 4 dan 5 dengan indikator kebutuhan dan keinginan serta maslahah. Maka, semakin tinggi tingkat brand awareness dan brand image semakin tinggi pula tingkat keputusan pembelian. Kata Kunci : Brand Awareness, Brand Image, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Nov 2021 02:21
Last Modified: 23 Nov 2021 02:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16519

Actions (login required)

View Item View Item