FUNGSI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ( LKS ) AMANAH BUNDA DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILL PENYANDANG DISABILITAS DI DESA SIDOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU

Vindra, Erlangga (2021) FUNGSI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ( LKS ) AMANAH BUNDA DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILL PENYANDANG DISABILITAS DI DESA SIDOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of CVR BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI VINDRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Seorang dengan berkebutuhan khusus atau biasa di sebut dengan penyandang disabilitas memiliki perhatian yang lebih dan khusus bagi lembaga swadaya masyarakat agar mereka dapat hidup baik dan layak. Didalam kehidupan masyarakat baik dalam segala aspek kehidupan, Selama ini masyarakat umum selalu memandang kaum disabilitas tidak mampu menjalani kehidupan ini secara mandiri yang hanya bisa bergantung kepada sekelompok orang. Untuk memecahkan permasalahan tersebut maka perlu adanya bimbingan bagi penyandang disabilitas berupa kegiatan pengembangan keterampilan atau life skill dengan tujuan agar penyandang disabilitas mempunyai keterampilan yang sesuai dengan keterbatasan yang mereka miliki sehingga dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri dan kemandirian mereka dalam kehidupan. Oleh sebab itu, Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Amanah Bunda berupaya untuk memberikan pengembangan life skill di Kabupaten Pringsewu melalui kegiatannya yaitu pengembangan life skill. Dalam hal ini, penelitian ini penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana fungsi yang dilakukan LKS Amanah bunda dalam mengembangkan life skill penyandang disabilitas serta bagaimana proses yang dilakukan LKS Amanah Bunda dalam mengembangkan life skill penyandang disabilitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan subjek ditentukan oleh peneliti menggunakan tekhnik purposive yakni partisipan yang ditentukan berdasarkan kriteria dan tujuan penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dimana dalam proses pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, sebagai metode pokok yang dilengkapi dengan metode observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan life skill penyandang disabilitas dalam upaya meningkatkan taraf hidup dan keterampilan penyandang disabilitas yang dilakukan oleh LKS Amanah Bunda melalui kegiatan pengembangan keterampilan apakah dijalankan cukup baik dalam pelaksanaannya, dengan adanya tahap sosialisasi, Tahap seleksi pelatihan, Tahap pelaksanaan kegiatan program, Tahap pemantauan dan evaluasi yang dilakukan oleh LKS Amanah Bunda agar mampu membantu penyandang disabilitas untuk bangkit dan meningkatkan taraf hidup mereka, serta menjadikan penyandang disabilitas dapat hidup mandiri. iii Kesimpulan pada penelitian yaitu fungsi dan proses yang dilakukan oleh LKS Amanah Bunda dalam mengembangkan life skill bagi penyandang disabilitas ditujukan untuk memperkuat individu penyandang disabilitas agar terhindar dari masalah sosial baru dan untuk menghilangkan kondisi ketidakmampuan fisik, emosi dan sosial agar yang mengalami masalah tersebut dapat berfungsi kembali secara wajar dalam masyarakat dan untuk memberikan pembelajaran mengenai proses bimbingan keterampilan berupa pengembangan life skill/kreatifitas merajut sehingga menjadikan penyandang disabilitas menjadi lebih mandiri dan kreatif dalam menjalani kehidupan di masyarakat. Kata Kunci : LKS Amanah Bunda, Pengembangan Life Skill dan Penyandang Disabilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Nov 2021 04:23
Last Modified: 22 Nov 2021 07:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16509

Actions (login required)

View Item View Item