PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) BERBANTU APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK

Ajeng, Dewi Kusnita (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) BERBANTU APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Ajeng Dewi Kusnita.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RTE berbantuan aplikasi geogebra tehadap penalaran matematis, untuk mengetahui pengaruh tipe gaya kognitif (field independent dan field dependent) terhadap penalaran matematis, dan untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran RTE dan gaya kognitif terhadap penalaran matematis. Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperimen, teknik pengembilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster ramdom sampling. Penelitian ini dilakukan di MTs Matha’ulul Anwar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII dan sampel penelitian adalah kelas VIII 2 dengan 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen 1 dengan menerapkan model pembelajaran RTE dan kelas VIII 3 sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah 30 peserta didik yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran RTE berbantuan aplikasi geogebra dan kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 peserta didik yang diberikan model direct instruction. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes penalaran matematis dan GEFT. Analisis data menggunakan uji anova dua arah. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran RTE berbantuan aplikasi geogebra terhadap penalaran matematis, terdapat pengaruh tipe gaya kognitif (Field Independent dan Field Dependent) terhadap penalaran matematis peserta didik, dan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran RTE dan gaya kognitif terhadap penalaran matematis peserta didik. Kata Kunci : Rotating Trio Exchange; RTE learning; geogebra; penalaran matematis, gaya kognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Nov 2021 04:12
Last Modified: 22 Nov 2021 04:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16507

Actions (login required)

View Item View Item