PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP AKTUALISASI DIRI WARIA DI DESA KUTA DALOM KABUPATEN PESAWARAN DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

AHMAD, THOUSIN (2021) PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP AKTUALISASI DIRI WARIA DI DESA KUTA DALOM KABUPATEN PESAWARAN DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Judul ini dilatar belakangi oleh permasalahan masyarakat pada dasarnya tidak dapat dilepaskan dari problematika sosial. Hal ini terjadi dikerenakan masyarakat selalu mengalami perkembangan dan perubahan mengikuti perkembangan zaman. Kita dapat melihat dari fenomenafenomena serta gejala-gejala sosial yang muncul di dalam masyarakat saat ini, fenomena kaum waria merupakan suatu paparan nyata yang tidak dapat ditolak eksistensinya di masyarakat. Sayangnya, belum banyak orang yang mengetahui seluk-beluk kehidupan kaum waria yang sesungguhnya. Dalam penelitian ini, peneliti merumuskan masalah, bagaimana pandangan masyarakat terhadap aktualisasi diri waria di desa Kuta Dalom Kabupaten Pesawaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan masyarakat terhadap aktualisasi diri waria di desa Kuta Dalom Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, penelitian lapangan (field research) bersifat deskriptif yaitu memberikan gambaran data lengkap yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menentukan sampel, menggunakan teknik Snowball sampling, yaitu diperoleh melalui proses bergulir dari satu responden ke responden yang lainnya. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masyarakat di desa Kuta Dalom Kabupaten Pesawaran memiliki pandangan yang berbeda mengenai waria di desanya, dan memiliki dua respon positif dan negative. Berdasarkan aktualisasi yang ditunjukkan oleh waria didapati adanya respon yang diberikan oleh masyarakat. Respon tersebut memiliki dua perspektif yang berbeda dimana ada respon positif dan respon negative yang diberikan masyarakat kepada waria. Bentuk dari respon positif yang diberikan bukan dalam artian mendukung keberadaan waria di Desa Kuta Dalom Kecamatan Way Lima Kabupaten Pesawaran, tetapi lebih kepada menerima saja keberadaan mereka dengan memandang waria sebagai mahluk sosial yang memiliki hak dan kewajiban yang sama. Sedangkan respon negative yang diberikan oleh warga berupa pembatasan interaksi yang dilakukan oleh beberapa masyarakat, ada yang bersikap acuh tak acuh kepada waria, dan juga masih ada yang menolak keberadaan waria. Namun demikian, hampir seluruh masyarakat disini memandang waria sudah tidak punya kinerja yang baik terhadap pekerjaan laki-laki sehingga secara terang-terangan mereka disisihkan dari kegiatan kemasyarakatan seperti gotong royong, kerja bakti, dan siskamling.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Nov 2021 04:12
Last Modified: 22 Nov 2021 04:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16506

Actions (login required)

View Item View Item