ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG

SELFI, MEIRISKA NUNYAI (2021) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Selfi Meiriska Nunyai_1711100137.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bermula dari rendahnya pengembangan kompetensi pedagogik yang dimiliki pendidik dalam menghadapi tantangan dan pergeseran paradigma mengenai perubahan sistem pembelajaran menjadi pembelajaran daring sehingga tidak hanya berdampak terhadap prestasi belajar peserta didik tetapi berdampak pula pada keaktifan peserta didik. Sehingga peserta didik sulit untuk dapat memahami materi yang telah di berikan oleh pendidik melaluli aplikasi zoom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik pendidik terhadap prestasi belajar peserta didik di SD N Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Lokasi penelitian terletak di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatis, dimana dalam proses pengumpulan datanya merupakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu data-data yang tertulis, pengamata ke tempat lokasi langsung, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenernya. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkam bahwa kompetensi pedagogik guru kelas V terhadap prestasi belajar di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung sudah dilakukan kepada peserta didik dengan cukup baik. Dalam aspek memahami karakteristik peserta didik walaupun baru sebatas cara pendidik dalam memahami belum sampai pada tingkat pemahaman pendidik, kemudian aspek pendidik dalam merancang pembelajaran digunakan untuk menentukan metode, stratgei, pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan dalam mengevaluasi pembelajaran, pendidik menggunakan model yang otentik. Serta pendidik mampu dalam mengembangkan potensi peserta didik dengan sarana pra sarana seadanya, serta beberapa peserta didik yang kurang disiplin. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Prestasi Belajar Peserta Didik iiiABSTRACT This research stems from the low development of pedagogic competencies possessed by educators in facing challenges and paradigm shifts regarding changing the learning system to online learning so that it does not only have an impact on student learning achievement but also has an impact on student activity. So that students find it difficult to understand the material that has been given by educators through the zoom application. This study aims to determine the pedagogical competence of educators on student achievement at SD N Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. The approach used in this research is descriptive. The research location is in SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. This research belongs to the type of qualitative research, where the data collection process is a method of observation, interviews, and documentation. As for the analysis, the writer uses descriptive qualitative analysis techniques, namely written data, observations to direct locations, so that in this case the author seeks to conduct research that is comprehensively describing the actual situation. From the results of the research that has been done, the authors can conclude that the pedagogic competence of class V teachers on learning achievement at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung has been carried out quite well for students. In the aspect of understanding the characteristics of students, although it is only limited to the way educators understand, it has not yet reached the level of understanding of educators, then the aspect of educators in designing learning is used to determine methods, strategies, learning according to the needs of students and in evaluating learning, educators use authentic models. And educators are able to develop the potential of students with improvised facilities, as well as some students who are less disciplined. Keywords: Pedagogic Competence, Student Achievemen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Nov 2021 04:02
Last Modified: 22 Nov 2021 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16505

Actions (login required)

View Item View Item