NILAI –NILAI PENDIDIKAN TASAWUF Al- IMAM AL-GHAZALI DAN IMPLEMENTASINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER (450 H/1056 M)

ADI, HUMAIDI (2021) NILAI –NILAI PENDIDIKAN TASAWUF Al- IMAM AL-GHAZALI DAN IMPLEMENTASINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER (450 H/1056 M). Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1,2 dapus.pdf] PDF
Download (889kB)
[thumbnail of skripsi full adi humaidi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan tasawuf dalam membangun karakter adalah menjadikan manusia berkeperibadian yang shalih, berperilaku baik dan mulia serta ibadahnya berkualitas. Mereka yang masuk dalam sebuah tharekat atau aliran tasawuf dalam mengisi kesehariannya diharuskan untuk hidup sederhana, jujur, istiqamah dan tawadhu. Jadi, tujuan terpenting dari tasawuf adalah lahirnya akhlak yang baik dan menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. Dalam kehidupan modern, tasawuf menjadi obat yang mengatasi krisis kerohanian manusia modern yang telah lepas dari pusat dirinya, sehingga ia tidak mengenal lagi siapa dirinya, arti dan tujuan dari hidupnya. Ketidakjelasan atas makna dan tujuan hidup ini membuat penderitaan batin. Maka lewat spiritualitas Islam ladang kering jadi tersirami air sejuk dan memberikan penyegaran serta mengarahkan hidup lebih baik dan jelas arah tujuannya. Dengan adanya pendidikan Tasawuf Imam Ghazali semua konsep dari tujuan, materi, kriteria muri dan guru serta metode yang diterapkan sangat begitu baik untuk diaplikasikan dalam pendidikan Islam terkhusus pendidikan Karakter. Karena layak sebagai rujukan dalam pendidikan saat ini. Melalui pendidikan karakter, seorang anak akan menjadi cerdas, tidak hanya dalam bidang pengetahuannya namun juga dalam bidang sikap atau perilaku. Fungsi pendidikan karakter yaitu untuk mengembangkan potensi dasar seseorang agar berperilaku baik, serta berpikiran yang positif. Adapun fungsi pokok dari pendidikan karakter ini ialah untuk mengembangkan serta membangun perilaku anak bangsa yang multikultur. Pendidikan karakter juga berfungsi megembangkan peradaban manusia yang baik di dalam pergaulan dunia. Pendidikan karakter bisa dilakukan bukan hanya di sekolah-sekolah, melainkan dari keluarga, lingkungan, pemerintahan, dunia usaha, serta media teknologi. Tujuan pendidikan karakter adalah membentuk bangsa yang tangguh, berakhlak mulia, bermoral, bertoleransi, bekerja sama atau bergotong royong. Selain itu Pendidikan karakter juga membentuk bangsa mempunyai jiwa patriotik atau suka menolong sesama, berkembang dengan dinamis, berorientasi pada ilmu pengetahuan serta teknologi, beriman dan bertakwa pada Tuhan yang Maha Esa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Nov 2021 03:52
Last Modified: 22 Nov 2021 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16503

Actions (login required)

View Item View Item