ANALISIS HUKUM ISLAM TENTANG PEMBIAYAAN PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA KE LUAR NEGERI MELALUI P3MI (Studi Pada PT. Jafa Indo Corpora Kecamatan Kota Gajah Kabupaten Lampung Tengah)

ROMADHONA, DESTRIANA (2021) ANALISIS HUKUM ISLAM TENTANG PEMBIAYAAN PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA KE LUAR NEGERI MELALUI P3MI (Studi Pada PT. Jafa Indo Corpora Kecamatan Kota Gajah Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Terbatasnya kesempatan kerja di dalam negeri menjadikan pangsa pasar kerja luar negeri sebagai alternatif mengatasi permasalahan dan mengurangi pengangguran di dalam negeri. Untuk bekerja ke luar negeri, Pekerja Migran Indonesia membutuhkan modal untuk membiayai proses penempatannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembiayaan penempatan pekerja migran Indonesia pada PT Jafa Indo Corpora Kota Gajah Lampung Tengah dan bagaimana analisis hukum Islam tentang pembiayaan penempatan pekerja migran Indonesia ke luar negeri melalui P3MI pada PT. Jafa Indo Corpora Kecamatan Kota Gajah, Kabupaten Lampung Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembiayaan penempatan pekerja migran Indonesia pada PT Jafa Indo Corpora Kota Gajah Lampung Tengah dan menganalisis secara hukum Islam tentang pembiayaan penempatan pekerja migran Indonesia ke luar negeri melalui P3MI pada PT. Jafa Indo Corpora Kecamatan Kota Gajah Kabupaten Lampung Tengah. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Data primer diperoleh melalui teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan interview serta dilengkapi oleh data sekunder. Analisis dilakukan secara kualitatif dengan metode berpikir induktif yang berasal dari fakta-fakta atau peristiwa yang khusus ditarik generalisasi secara umum. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pembiayaan penempatan PMI ke luar negeri pada PT. Jafa Indo Corpora Kota Gajah Lampung Tengah sudah sesuai dengan PERKA No. 22 Tahun 2015 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembiayaan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia ke Luar Negeri Melalui Kredit Usaha Rakyat Tenaga Kerja Indonesia. Namun pada pelaksanaannya terdapat ketidaktranparanan proses pembiayaan penempatan, mulai dari dokumen persyaratan dan informasi pembiayaan penempatan. Hal ini tidak sesuai dengan salah satu asas dalam berakad yaitu asas kejujuran dan asas keridhaan, yang menyatakan bahwa para pihak yang berkontrak harus berlaku benar dalam pengungkapan kehendak dan keadaan serta segala transaksi harus didasarkan pada kesepakatan bebas dari para pihak dan tidak boleh ada unsur paksaan, tekanan, penipuan dan mis-statement.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Nov 2021 04:05
Last Modified: 19 Nov 2021 04:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16495

Actions (login required)

View Item View Item