MUATAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR (Telaah Buku PAI Kelas 4 Dan 5 Kurikulum 2013 Penerbit Kemdikbud)

ERLAN, MABRORI (2021) MUATAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR (Telaah Buku PAI Kelas 4 Dan 5 Kurikulum 2013 Penerbit Kemdikbud). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ERLAN MABRORI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Buku merupakan sarana dan media efektif menjadi acuan yang wajib di gunakan disekolah memuat materi pembelajaran dalam rangka peningkatan keimanan dan ketakwaan, budi pekerti dan kebaikan, kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, kepekaan dan kemampuan ekstetis, serta potensi fisik dan kesehatan yang disusun berdasarkan Standar Nasional Pendidikan. Telah tersedia berbagai buku teks PAI yang membahas pendidikan berbasis keberagaman. Namun, banyak fakta-fakta yang masih menyangkut beberapa kasus tentang kekerasan yang mengatas-namakan Agama. Apakah pesan dalam buku teks PAI tidak sesuai yang diharapkan sehingga pesan-pesan itu tidak tersampaikan dalam membentuk karakter yang baik. Oleh karena itu, peniliti ini ingin mengangkat permasalahan Apa saja Muatan Nilai-nilai Multikultural dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar pada kelas IV dan V serta untuk mengetahui Relevansi Nilai-nilai Multikultural yang terkandung dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar kelas IV dan V. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan temuan Nilai-nilai Pendidikan Multikultural yang terdapat pada buku siswa PAI dan Budi Pekerti SD kelas IV dan V. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya ketersediaan Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam buku Ajar siswa mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas IV dan V. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat Kepustakaan (Library Research). Pengumpulan data dilakukan dengan telaah dokumen yaitu buku siswa PAI dan Budi Pekerti kelas IV dan V SD. Teknik analisis data meliputi analisis isi (Content Analisis) dan analisis kritis. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk Muatan Nilai-nilai Multikultural yang di kembangkan dalam buku teks PAI dan Budi Pekerti kelas IV dan V mencakup 4 Nilai yaitu ; 1) Nilai Toleransi, 2) Nilai Demokrasi, 3) Nilai Keadilan, dan 4) Nilai Kesetaraan. Kelebihan dan kekurangan buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013, Relevansi Nilai-nilai Multikultural dalam Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar mempunyai relevansi terhadap pembelajaran PAI, yakni terhadap peserta didik dan pendidik, Adapun relevansi-relevansi tersebut adalah sebagai berikut: a) Relevansi terhadap tujuan Pendidikan Agama Islam. Nilai-nilai Pendidikan Multikultural tersebut dapat mewujudkan peserta didik yang mampu menjaga toleransi dan keharmonisan sosial. b) Relevansi terhadap pendidik. Nilai-nilai Pendidikan Multikultural tersebut dapat mendorong pendidik untuk melakukan pembaharuan dalam proses pembelajaran. c) Relevansi terhadap perumus kebijkan (Stockholder). Nilai-nilai pendidikan multikultural tersebut dapat membuka cara berpikir para penentu kebijakan khususnya kepala sekolah untuk menciptakan suasana yang multikultural di sekolah. d) Relevansi terhadap strategi pembelajaran. Nilai-nilai pendidikan multikultural tersebut dapat memperkaya strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman cara belajar peserta didik. e) Relevansi terhadap evaluasi pembelajaran. Nilai-nilai pendidikan multikultural tersebut dapat memperkaya evaluasi pembelajaran yang akan di terapkan oleh pendidik. Kata Kunci : Nilai-Nilai Multikultural, Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Nov 2021 03:54
Last Modified: 19 Nov 2021 03:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16490

Actions (login required)

View Item View Item