PERAN KONSELING KELUARGA TERHADAP KONDISI MENTAL ANAK DALAM PEREBUTAN HAK ASUH DI PUSAT PEMBELAJARAN KELUARGA (PUSPAGA) DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KOTA BANDAR LAMPUNG

RIMA HASIA, VISESAR TANJUNG (2021) PERAN KONSELING KELUARGA TERHADAP KONDISI MENTAL ANAK DALAM PEREBUTAN HAK ASUH DI PUSAT PEMBELAJARAN KELUARGA (PUSPAGA) DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pernikahan yang sah menurut agama dan negara timbullah hak dan kewajiban suami istri secara timbal balik. Demikian juga setelah kelahiran anak, maka timbullah hak dan kewajiban orang tua terhadap anaknya. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah tanggung jawab pemeliharaan anak, maka pemeliharaan anak merupakan tanggung jawab kedua orang tua sehingga pemeliharaan anak meliputi berbagai hal seperti, kasih sayang, pendidikan, ekonomi, dan kebutuhan pokok anak lainnya. di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bandar Lampung memiliki layanan konsultasi yaitu Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) di PUSPAGA sendiri melaksanakan layanan konseling keluarga untuk perebutan hak asuh, sehingga penulis tertarik untuk meneliti mengenai (1) penerapan metode konseling keluarga terhadap kondisi mental anak dalam perebutan hak asuh dan (2) proses layanan konseling keluarga yang diberikan konselor bagi orang tua pada perebutan hak asuh dalam pemenuhan hak anak di Pusat Pembelajaran Keeluarga (PUSPAGA) Dinas Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini : (1) untuk mengetahui bagaiman penerapan metode konseling keluarga pada kondisi mental anak dalam perebutan hak asuh di PUSPAGA Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bandar Lampung, (2) untuk mengetahui proses layanan konseling keluarga pemenuhan hak anak tercukupi pada perebutan hak asuh anak di PUSPAGA Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, subyek penelitian ini adalah konselor atau pendamping dan klien pada kasus perebutan hak asuh anak yang terdiri obyek atau subyek yaitu konselor berjumlah 1 orang dan 8 orang anak yang mengalami perebutan hak asuh. Penentuan subyek penelitian menggunakan tehknik purposive sampling, pengambilan sampel dengan kriteria yaitu 1 orang konselor dan kondisi mental anak yang mengalami perebutan hak asuh yang berusia 8 tahun, 10 tahun dan 7 tahun. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) banyaknya faktor pada perebutan hak asuh di Pusat Pembelajaran iii Keluarga (PUSPAGA) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bandar Lampung meliputi tiga faktor yaitu : ekonomi, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), kurangnya pemenuhan hak anak, (2) Peran yang dilakukan konselor atau pendamping dalam perebutan hak asuh tersebut sebagai penasihat, pendengar, motivator untuk memberikan arahan yang baik agar tidak terjadi perceraian, ketika perceraian terjadi anak akan menjadi dampak dari perceraian tersebut. Materi yang diberikan oleh konselor atau pendamping pada klien di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bandar Lampung yaitu Penanganan dan Pencegahan. Dan metode yang dilakukan yaitu Metode Curhat, Nasihat, Pencerahan, konseling. Kata Kunci : Kondisi Mental Anak Dalam Perebutan Hak Asuh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Nov 2021 03:41
Last Modified: 19 Nov 2021 03:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16487

Actions (login required)

View Item View Item