ANALISIS AKAD MURABAHAH PADA PRODUK PEMBIAYAAN GRIYA iB HASANAH TERHADAP TINJAUAN EKONOMI ISLAM(STUDI PADA BANK BNI SYARIAH BANDAR LAMPUNG KC TANJUNG KARANG)

M. ADHI, QISTHI (2021) ANALISIS AKAD MURABAHAH PADA PRODUK PEMBIAYAAN GRIYA iB HASANAH TERHADAP TINJAUAN EKONOMI ISLAM(STUDI PADA BANK BNI SYARIAH BANDAR LAMPUNG KC TANJUNG KARANG). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan akad murabahah pada produk pembiayaan Griya iB Hasanah di Bank BNI Syariah Bandar Lampung KC Tanjung Karang, maka dengan hal ini Bank BNI Syariah Bandar Lampung menerapkan akad murabahdan akad musyarakah muntanaqisah, namun penulis meneliti pembiayaan griya iB Hasanah menggunakan akad murabahah lalu peneliti mencari tahu sejauh mana penerapan akad murabahah yang diterapkan pada pembiayaan Griya iB Hasanah dan mekanisme pembiayaanya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan produk Griya Ib Hasanah Di Bank BNI Syari’ah KC Tanjung Karang?, 2) Bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap pelaksanaan produk Griya Ib Hasanah Di Bank BNI Syari’ah KC Tanjung Karang? Penelitian ini dilakukan pada Bank BNI Syariah Bandar Lampung KC Tanjung Karang adapun penelitian ini ialah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan metode kualitatif dengan data primer dan skunder. Teknik penumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa mekanisme dalam pengambilan pembiayaan Griya iB Hasanah di BNI Syariah Bandar Lampung KC Tanjung Karang dapat dikatakan sudah sesuai prosedur. Mekanisme transaksi produk BNI Griya iB Hasanah di BNI Syariah cabang Tanjung Karang ini, meliputi beberapa tahapan, yaitu: analisa pemohon yang akan melakukan pembiayaan Griya iB Hasanah, setor berkas, pencairan dana dan realisasi (pembangunan rumah), hal ini sudah sesuai dengan akad murabahah dan tidak menyimpang dari prinsip syariah yang dianut dalam bank BNI syariah tersebut. Tinjauan Ekonomi Islam sudah konsisten diterapkan pada produk BNI Griya iB Hasanah, walaupun dalam prosesnya masih ada beberapa tahapan yang perlu untuk terus diperbaiki, namun secara keseluruhan di dalam produk BNI Griya iB Hasanah ini tidak mengandung unsur riba, gharar, judi, haram dan zalim, oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan prinsip syari’ah yang tertuang dalam prinsip-prinsip ekonomi Isalam pada produk pembiayaan Griya iB Hasanah di BNI syariah cabang Tsnjung Karang secara konsisten tetap diterapkan. Kata Kunci : Murabahah, Tinjauan Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Nov 2021 03:30
Last Modified: 19 Nov 2021 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16484

Actions (login required)

View Item View Item