PENGARUH PENGETAHUAN LABEL RAMAH LINGKUNGAN (ECOLABEL) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Konsumen Aqua di Bandar Lampung)

Puspita, Sari (2021) PENGARUH PENGETAHUAN LABEL RAMAH LINGKUNGAN (ECOLABEL) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Konsumen Aqua di Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF
Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Dampak dari aktivitas manusia, permasalahan lingkungan dewasa ini banyak terjadi, terutama pada permasalahan sampah plastik. Dengan demikian pemerintah mengeluarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia No. 2 Tahun 2014 tentang pencantuman logo Ekolabel. Berdasarkan ISO 14020, Ecolabel adalah logo atau label pernyataan yang menunjukkan aspek lingkungan dan merupakan salah satu perangkat dalam rangka pengelolaan lingkungan hidup. Salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan pada konsumen adalah dengan memberikan informasi produk ramah lingkungan pada label produk (ecolabel). Perusahaan yang mengimplementasikan strategi pemasaran hijau yaitu PT. Aqua Golden Mississippi salah satu produknya yang telah menerapkan Ecolabel yaitu Aqua. Masih kurangnya pengetahuan konsumen mengenai ecolabel mengakibatkan konsumen banyak yang memilih produk tanpa memperhatikan ecolabel tersebut, ini dibuktikan oleh penelitian Bobby Oktavian susilo menyatakan bahwa Pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai ecolabel masih rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian akan dilakukan pada konsumen Aqua di Kota Bandar Lampung. Sampel penelitian berjumlah 100 responden dengan menggunakan teknik probability sampling yaitu cluster sampling. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner secara offline dan online. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) dengan software SmartPLS 3 untuk pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis didukung, yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengetahuan label ramah lingkungan (ecolabel) (X) terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) pada konsumen Aqua di Bandar Lampung. Penerapan pengetahuan label ramah lingkungan (ecolabel) terhadap keputusan pembelian konsumen pada konsumen Aqua di Bandar Lampung dalam perspektif bisnis syariah telah diterapkan dengan baik. Maka, semakin tinggi tingkat pengetahuan konsumen mengenai label ramah lingkungan (ecolabel) maka semakin tinggi pula keputusan pembelian konsumen. Kata Kunci : Pengetahuan Label Ramah Lingkungan (Ecolabel), Keputusan Pembelian Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Nov 2021 03:16
Last Modified: 19 Nov 2021 03:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16478

Actions (login required)

View Item View Item