IMPLEMENTASI TEKNIK REFRAMING DALAM BIMBINGAN MENTAL TERHADAP NARAPIDANA DI RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS II B MENGGALA KABUPATEN TULANG BAWANG

Cindy, Wahyu Melisah (2021) IMPLEMENTASI TEKNIK REFRAMING DALAM BIMBINGAN MENTAL TERHADAP NARAPIDANA DI RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS II B MENGGALA KABUPATEN TULANG BAWANG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI Cindy Wahyu Melisah_1741040033.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pelaksanaan bimbingan mental pada narapidana di Rutan Kelas II B Menggala memiliki peran penting dalam upaya mengembalikan nerapidana menjadi masyarakat yang baik sangatlah penting, agar narapidana bisa kembali di tengah-tengah masyarakat dan mereka tidak mengulangi perbuatan yang salah dan kembali ke jalan Allah yang benar dan bisa diterima oleh masyarakat. Namun pada kenyataannya, ada sekitar 29 orang mantan narapidana yang kini kembali mendekam di Rutan Kelas II B Menggala untuk menjalani masa hukuman kedua kalinya, hal tersebut dapat dilihat dari kesalahan yang sama yang kembali diulangi selepas keluar dari penjara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik reframing dalam bimbingan mental terhadap narapidana di Rumah Tahanan Negara Kelas II B Menggala. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Jumlah partisan penelitian adalah 485. Penelitian ini menggunakan purposive sampling, dimana peneliti mempunyai kriteria tertentu dalam menentukan sampel. Maka sampel dari penelitian ini adalah 1 kepala rutan, 1 pembina kegiatan keagamaan rutan, 5 pembimbing keagamaan dari pihak luar, dan 5 orang narapidana. Hasil penelitian diketahui bahwa : implementasi teknik reframing dalam bimbingan mental terhadap narapidana merupakan bentuk rangkaian proses kegiatan bimbingan keagamaan untuk menanamkan pengetahuan keagamaan beruapa: 1) Pembiasaan Sholat fardu. 2) Pengajian, materi yang digunakan: Akhlak, ibadah, akidah. Metode yang digunakan: Nasehat, ceramah, pembiasaan, praktek. 3) Belajar dan membaca Alquran 4) Hafalan juz amma. Tujuan agar narapidana dapat menggunakan sebagai teknik memengaruhi dalam membantu membingkai kembali kearah fikiran yang rasional dan juga untuk membentuk akhlak yang baik pada diri narapidana, dan memberikan arahan serta membina sikap dan prilaku seseorang menuju kearah yang lebih baik sesuai ajaran islam dan narapidana dapat menentukan suatu tindakan itu boleh dilakukan atau tidak, baik buruk, pantas dan tidak pantas dan supaya naripidana bertaubat kepada Allah dan bukan hanya takut terhadap dosa melaikan lebih takut jika tidak mendapat ridho dari Allah subhanu wata’ala dan narapidan tidak lagi mengulangi tindak pidana. Kata Kunci : Teknik Reframing, Bimbingan Mental Narapidana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Nov 2021 04:59
Last Modified: 18 Nov 2021 04:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16470

Actions (login required)

View Item View Item