PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR BERBASIS POTENSI LOKAL DESA BANJARREJO TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI TUMBUHAN SISWA KELAS X MAN 1 LAMPUNG TIMUR

Melati, Winda Ria (2017) PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR BERBASIS POTENSI LOKAL DESA BANJARREJO TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI TUMBUHAN SISWA KELAS X MAN 1 LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_pdf_Winda.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran di dalam kelas masih menggunakan pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach) dan keterampilan proses sains peserta didik belum pernah diukur. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pendekatan jelajah alam sekitar berbasis potensi lokal desa Banjarrejo terhadapketerampilan proses sains pada materi tumbuhan siswa kelas X MAN 1 Lampung Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan jelajah alam sekitar berbasis potensi lokal desa Banjarrejo terhadapketerampilan proses sains pada materi tumbuhan siswa kelas X MAN 1 Lampung Timur. Desain penelitian ini adalah The Matching Only Posttest Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Uji hipotesis penelitian ini diantaranya dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa data tes keterampilan proses sains kedua sampel berdistribusi normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis diperoleh hasil thitung>ttabel yaitu 32,691946281 >1,6669. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan jelajah alam sekitar berbasis potensi lokal desa Banjarrejo berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 24 Oct 2017 02:51
Last Modified: 24 Oct 2017 02:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1647

Actions (login required)

View Item View Item