MANAJEMEN BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DALAM MENSEJAHTERAKAN MUSTAHIK DI ERA COVID-19 DI MUARADUA OKU SELATAN

WIKE, SARISE (2021) MANAJEMEN BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DALAM MENSEJAHTERAKAN MUSTAHIK DI ERA COVID-19 DI MUARADUA OKU SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of FULL SKRIPSI WIKE.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of COVER. BAB 1, BAB 2,DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen merupakan aktivitas kerja yang telah tersusun atau terencana dengan menerapkan fungsi manajemen itu sendiri, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Dengan demikian kegiatan kerja yang telah direncanakan dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Institusi zakat infaq dan shodaqah mengandung potensi yang luar biasa mengurangi penderitaan orangorang miskin. Badan amil zakat diharapkan dapat terlibat dalam memeberikan kepedulian terhadap warga masyarakat guna mengatasi kemiskinan. Dengan demikian kehadiran amil zakat atau lembaga amil zakat bersifat keagamaan, juga ditempatkan dalam konteks cita-cita bangsa dan makmur, yaitu membangun masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur. Di BAZNAS Muaradua OKU Selatan penghimpunan dan penyaluran dana infaq dan shodaqoh di masa Covid-19 saat ini sangatlah penting dalam melibatkan fungsi manajemen didalamnya, supaya segala perncanaan dan tujuan dapat tercapai sesuai dengan yang diinginkan. Penelitian ini bersifat deskriptif atau penelitian lapangan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawncara, dan dokumentasi, dengan analisis deduktif, teknik pengambilan sampel menggunakan porposive sampling. Fokus penelitian dalam skripsi ini tentang manajemen BAZNAS Muaradua OKU Selatan dalam mensejahterkan mustahik di era covid-19 dan bagaimana penghimpunan dan penyaluran infaq shodaqoh yang dilakukan BAZNAS Muaradua OKU Selatan dalam mensejahterakan mustahik di era covid-19. Berdasarkan hasil penelitian Di BAZNAS Muaradua OKU Selatan, dengan ketua dan pengurus telah melaksanakan program dalam mensejahterakan mustahik di era covid-19 yaitu program OKUS Sejahtera dan OKUS Cerdas. Berdasarkan hasil penelitian di BAZNAS Muaradua OKU Selatan penghimpunan dan penyaluran dana ifaq dan shodaqoh sudah dilakukan sebaik mungkin dibuktikan dengan melibatkan fungsi manajemen didalamnya, Dalam perancanaannya sudah cukup baik, dibuktikan dengan adanya perencanaan program, kriteria mustahik, survey mustahik dan perencanaan dana. Dalam pengorganisasiannya sudah di susun berdasarkan tanggung jawab iv dan tugas masing-masing dari anggota BAZNAS Muaradua OKU Selatan namun adanya hambatan yaitu masih kurangnya anggota kepengurusan. Pelaksanaan penghimpunan dan penyaluran sudah dilakukan sebaik mungkin, dibuktikan dengan pelaksanaan penghimpunan dengan menyediakan rekening, kotak amal, adanya motivasi dan kerja sama dengan intansi pemerintahan, pelaksanaan penyaluran dengan menjalankan program yang ada dan juga menyalurkan dana infaq dan shodaqoh yang telah teerkumpulkan. Pengawasan yang dilakukan satu bulan sekali namun rencana tersebut tidak memungkinkan maka pengawasan dilakukan sebisa mungkin, pengawasan juga melibatkan pemerintah setempat seperti kepala desa dan pendamping desa tempat mustahik jadi jika BAZNAS belum bisa melakukan pengawasan maka pengawasan bisa dilakukan oleh instansi pemerintah setempat. Upaya yang dilakukan oleh BAZNAS Muaradua OKU Selatan dalam mensejahteran mustahik di era covid-19 juga dilakukan sebaik mungkin, dibuktikan dalam mensejahterakan BAZNAS Muaradua OKU Selatan menjalankan dua program yaitu program OKUS Sejahtera dan OKUS Cerdas. Bantuan yang diberikan kepada mustahik pada program OKUS Sejahtera berupa memberikan modal usaha dan penambahan modal usaha. Bantuan program OKUS Cerdas berupa bantuan biaya sekolah bagi siswa yang terancam putus sekolah, beasiswa dan alat sekolah. Kata Kunci: Manajemen, Mensejahterakan Mustahik, Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Nov 2021 03:59
Last Modified: 18 Nov 2021 03:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16467

Actions (login required)

View Item View Item