ANALISIS MITIGASI RISIKO FINTECH SYARIAH PEER TO PEER LENDING DALAM MENINGKATKAN PENYALURAN PEMBIAYAAN PADA UKM DI INDONESIA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada PT. Alami Fintek Sharia)

MARTYA, AMBARWATI S (2021) ANALISIS MITIGASI RISIKO FINTECH SYARIAH PEER TO PEER LENDING DALAM MENINGKATKAN PENYALURAN PEMBIAYAAN PADA UKM DI INDONESIA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada PT. Alami Fintek Sharia). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Financial technology adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan perusahaan yang menawarkan teknologi modern disektor keuangan. UKM adalah salah satu bidang yang memiliki kontribusi besar dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia memiliki permasalahan sumber daya manusia hingga pinjaman modal, sehingga kehadiran fintech dinilai dapat mengatasi permasalahan tersebut. Pemberian pembiayaan yang dilakukan perusahaan fintech syariah memiliki potensi akan timbulnya suatu risiko, karna itu pemberian pembiayaan yang dilakukan harus melalui berbagai penilaian dan pertimbangan sebelum dilakukannya realisasi pembiayaan sebagai bentuk identifikasi risiko untuk meminimalisasi terjadinya suatu risiko yang mungkin terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan mitigasi risiko dan penerapan fintech dalam meningkatkan penyaluran pembiayaan yang dilakukan oleh ALAMI terhadap UKM di Indonesia, serta untuk mengetahui prosedur penyaluran pembiayaan ALAMI menurut perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder dan cara pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data meggunakan metode deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan mitigasi risiko ALAMI melakukan tahapan-tahapan yang ketat, sesuai dengan parameter kepatuhan syariah dan menggunakan penilaian pemberian pembiayaan dengan konsep 5C, kemudian dalam mengatasi risiko gagal bayar ALAMI menggunakan prinsip due diligence (uji kelayakan) dan prudence (kehati-hatian). Dalam meningkatkan penyaluran pembiayaan ALAMI menerima segala jenis industri yang ada di Indonesia yang sudah sesuai dengan syariah dengan tetap mengedepankan manajemen risiko yang ketat dengan menerapkan teori tujuan pembiayaan secara makro dan mikro. Dalam perspektif ekonomi Islam pembiayaan fintech syariah telah sesuai dengan prinsip syariah, menggunakan akad wakalah bil ujrah dan ujrah yang didapat pendana bukan seperti riba karena pendana mendapatkan ujrah berdasarkan jasa yang telah diberikan. Kata Kunci: Financial Technology, UKM, Mitigasi Risiko, Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Nov 2021 03:09
Last Modified: 18 Nov 2021 03:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16456

Actions (login required)

View Item View Item