PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN FACEBOOK UNTUK MENDUKUNG AKTIVITAS EKSPLORASI KONSEP-KONSEP TRIGONOMETRI PADA PESERTA DIDIK SMA KELAS X

Fitriana, F (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN FACEBOOK UNTUK MENDUKUNG AKTIVITAS EKSPLORASI KONSEP-KONSEP TRIGONOMETRI PADA PESERTA DIDIK SMA KELAS X. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of FITRIANA_FIKSS.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran berbantuan facebook adalah media pembelajaran yang di gunakan untuk melakukan kegiatanbelajarmengajar di luar jam formal. Pada pembelajaran matematika di SMA Negeri 1 Abung pekurun sering kali keterbatasannya waktu dalam pembelajaran.Sehingga di perlukan pengembangan media pembelajaran yang mendukung. Penelitian pengembangan ini bertujuan mendeskripsikan langkahpengembangan media pembelajaran berbantuan facebook untuk mendukung aktivitas eksplorasi konsep-konseptrigonometripadapesertadidik SMA kelas Xmemenuhikriteriabaik,danpraktis. MetodepenelitianiniadalahResearch and Development ( R&D) denganmodel yang digunakanBorg and Gall dalamSugiyono. Tahapan yang di lakukanhanyatahap 1 hinngga 7 yaitudaripotensidanmasalah,pengumpulan data, desainproduk, validasiproduk, revisidesain, ujicobaprodukdanrevisiproduk. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media.Uji coba dilakukan melalui 2 tahap yaitu ujicoba kelompok kecil dan ujicoba kelompok besar. Hasilvalidasi yang dilakukanahlimateri di dapatdenganpersentase total darisemuaaspekadalah 90% dengan kreteria sangat baik terdiri dari aspek kualitasisi diperoleh persentase 88%, padaaspekkebahasaanpenilaiandiperolehpersentase 96%, pada aspek keterlaksanaan penilaian diperoleh persentase 90% dan untuk aspek penggunaan penilaian diperolehpersentase 86%. Validasi yang dilakukanolehahli media di dapat dengan persentase total dari semua aspek adalah 86% dengan kreteria sangat bai kyang terdiri dari aspek kualitasisi diperolehp ersentase 82%, pada aspek kebahasaan penilaian diperoleh persentase 80%, pada aspek keterlaksanaan penilaian diperoleh persentase 83%, pada aspek kemudahan penggunaan penilaian diperoleh persentase 93% danuntukaspektampilanpenggunaanpenilaian validator diperolehpersentase 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 23 Oct 2017 07:22
Last Modified: 23 Oct 2017 07:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1645

Actions (login required)

View Item View Item