PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN SKILL TERHADAP PENGANGGURAN TERDIDIK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengangguran Terdidik Tingkat SLTA Di Desa Serdang Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan)

Anang, Ahmad Mahdi (2021) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN SKILL TERHADAP PENGANGGURAN TERDIDIK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengangguran Terdidik Tingkat SLTA Di Desa Serdang Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI  ANANG AHMAD MAHDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pengangguran terdidik di Indonesia memang selalu menjadi persoalan yang menyelimuti dalam perkembangan masa kini. Persoalan yang disebabkan karena lulusan terdidik yang dalam hal ini adalah lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) dan perguruan tinggi yang hanya ingin menjadi pencari kerja bukan pencipta kerja, belum lagi tuntutan dari Lembaga Pendidikan (LP) yang menginginkan peserta didiknya cepat lulus dan kurang diberikan keterampilan yang cukup baik secara matang dalam menghadapi dunia kerja. Desa serdang merupakan Desa yang terletak di kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan, desa yang berbatasan dengan daerah industri dimana terletak banyak perusahaan-perusahaan di dalamnya. Sementara dari data pengangguran di Desa Serdang menunjukkan angka pengangguran terdidik tingkat SLTA yang cukup banyak, yakni berjumlah 112 orang dalam satu desa, yang tentunya setiap tahun akan terus meningkat karena akan ada lulusan-lulusan baru yang bermunculan menambah deret angka pengangguran terdidik di Desa dan tentunya akan menambah pekerjaan rumah bagi pemerintah daerah setempat.Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh tingkat pendidikan dan skill secara parsial terhadap pengangguran terdidik tingkat SLTA di Desa Serdang? bagaimana pengaruh tingkat pendidikan dan skill secara simultan terhadap pengangguran terdidik tingkat SLTA di Desa Serdang ? dan bagaimana pandangan ekonomi Islam mengenai pengangguran terdidik ? dengan tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh tingkat pendidikan dan skill secara parsial terhadap pengangguran terdidik tingkat SLTA di Desa Serdang, untuk mengetahui bagaimana pengaruh tingkat pendidikan dan skill secara simultan terhadap pengangguran terdidik tingkat SLTA di Desa Serdang, dan untuk mengetahui bagaimana pandangan ekonomi Islam mengenai pengangguran terdidik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan penyebaran angket kuesioner. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik pursposive sampling dan accidental sampling dan mendapat sampel sebanyak 30 responden. Untuk analisis data menggunakan SPSS 16. Kemudian dilakukan uji instrument menggunakan uji validitas, uji realibilitas, dan berlanjut ke uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kedua variable dependen yang diteliti hanya terdapat satu variable yang berpengaruh terhadap variable independen, yaitu variabel Skill (X2), sedangkan variabel tingkat pedidikan (X1) tidak berpengaruh terhadap pengangguran terdidik di Desa Serdang Kecamatan Tanjung Kabupaten Bintang Lampung Selatan. Dalam Perspektif Ekonomi Islam sangat melarang umatnya untuk menganggur. Karena dalam Islam manusia memiliki kewajiban untuk bekerja selagi dia mampu (sehat, tidak cacat, dan sebagainya), sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, kebutuhan keluarganya, bahkan dapat membantu sesama manusia. Kata Kunci: Skill, Tingkat Pendidikan, dan Pengangguran Terdidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Nov 2021 04:24
Last Modified: 17 Nov 2021 04:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16449

Actions (login required)

View Item View Item