PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK SEND A PROBLEM DENGAN PENDEKATAN ANALITIK DAN SINTETIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Yuliane, Erika (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK SEND A PROBLEM DENGAN PENDEKATAN ANALITIK DAN SINTETIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_lengkap_erika_yuliane.pdf]
Preview
PDF
Download (10MB) | Preview

Abstract

Berpikir kritis adalah berpikir secara beralasan dan reflektif dengan menekankan pembuatan keputusan tentang apa yang harus dipercayai dan harus dilakukan. Rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dalam pelajaran matematika disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi sehingga mengakibatkan peserta didik kurang aktif dalam berpendapat dan mengomentari suatu informasi. Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik send a problem dengan pendekatan analitik dan sintetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik send a problem dengan pendekatan analitik dan sintetik terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian dilaksakan di MTs Negeri 1 Bandar Lampung, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak kelas.Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII F sebagai kelas kontrol. Uji validitas item tes menggunakan rumus product moment. Reliabilitas instrumen tes dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil analisis mengenai instrumen menunjukkan instrumen penelitian valid dan reliabel. Uji prasyarat analisis variansi yang dilakukan adalah uji liliefors untuk mengetahui normalitas dan uji bartlett untuk mengetahui homogenitas, selanjutnya untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t’. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji-t’ dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik send a problem dengan pendekatan analitik dan sintetik terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 23 Oct 2017 07:06
Last Modified: 23 Oct 2017 07:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1644

Actions (login required)

View Item View Item