TINJAUAN FATWA MUI NOMOR 11 TAHUN 2012 TENTANG KEDUDUKAN ANAK HASIL ZINA DAN PERLAKUAN TERHADAPNYA (Studi Kasus Penelantaran Anak di Kecamatan Wayhalim Kota Bandar Lampung)

RADISA, LAMARA (2021) TINJAUAN FATWA MUI NOMOR 11 TAHUN 2012 TENTANG KEDUDUKAN ANAK HASIL ZINA DAN PERLAKUAN TERHADAPNYA (Studi Kasus Penelantaran Anak di Kecamatan Wayhalim Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RADISA LAMARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Di Kecamatan Wayhalim Kota Bandar Lampung terjadi kasus penelantaran anak yang dilahirkan dalam kasus zina. Penelantaran anak dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya salah satunya adalah anak yang lahir dalam kasus perzinahan. Hal ini dikarenakan orang tua yang menyebabkan kelahiran anak tersebut belum memiliki pengetahuan bahwa anak yang dilahirkan dalam kasus perzinahan juga memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan,pendidikan, dan kehidupan yang layak. Kewajiban orang tua yang menyebabkan kelahiran nya diantara nya terdapat dalam Fatwa Majelis Ulama Indinesia Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Kedudukan Anak Zina dan Perlakuan Terhadapnya. Dapat di ambil dari kesimpulan permasalahan tersebut rumusan masalah yaitu: Apa yang menjadi alasan terjadinya penelantaran anak di Kecamatan Wayhalim? Bagaimana tinjauan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 11 tahun 2012 terhadap penelantaran anak yang terjadi di Kecamatan Wayhalim? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tinjauan faktor apa saja yang menyebabkan terjaadinya penelantaran anak di kecamatan wayhalim dan tinjauan dalam Fatwa MUI nomor 11 tahun 2012. Menjawab permasalahan peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan ( field research) dengan pendekatan deduktif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara Informan yang terkait dalam kasus penelantaran anak zina. Data primer di peroleh langsung dari lapangan yaitu hasil wawancara dari para pihak terkait. Sedangkan data sekunder diproleh dari buku dan jurnal yang terkait dengan isi dari penelitian.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, dan menganalisis latar belakang penyebab terjadinya penelantaran anak zina di Kecamatan Wayhalim dan melakukan tinjauan menurut Fatwa Majelis Ulama Nomor 11 Tahun 2012 terhadap kedudukan anak hasil zina dan perlakuan terdahapnya. Hasil dari penelitian yang dapat disimpulkan salah satu faktor yang melatar belakangi terjadinya penelataran anak adalah kehamilan dari kasus zina. Tinjauan Fatwa Majelis Ulama terhadap terjadinya kasus penelantaran zina tersebut dapat dilihat dalam poin 5 yaitu Pemerintah berwenang menjatuhkan hukuman ta’zir lelaki pezina yang mengakibatkan kelahiran anak tersebut dengan mewajibkannya untuk Mencakupi kebutuhan hidup anak tersebut dan memberikan wasiat wajibah ketika ia meninggal. Kata kunci: Penelantaran Anak, Fatwa MUI,Wayhalim

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2021 04:22
Last Modified: 16 Nov 2021 04:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16432

Actions (login required)

View Item View Item