PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN GERAK DAN LAGU DI RA AL ULYA 2 BANDAR LAMPUNG

LUSI, ANGGUN SARI (2021) PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN GERAK DAN LAGU DI RA AL ULYA 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LUSI ANGGUN SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN GERAK DAN LAGU DI RA AL ULYA 2 BANDAR LAMPUNG OLEH: LUSI ANGGUN SARI Perkembangan motorik kasar merupakan salah satu aspek penting pada perkembangan harus dalam diutamakan yang pembelajaran di taman kanak-kanan. Diindikasikan dengan bermain dengan teman sebaya, bersifat kooperatif dengan teman, dan bertanggung jawab. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah “ Bagaimanakah Perkembangan Motorik Anak Melalui Kasar Permainan gerak dan Lagu di RA Al Ulya 2 Bandar Lmpung?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Permainan Gerak dan Lagu dalam Perkembangan Motorik kasar Anak di RA Al Ulya 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriftif dengan subyek penelitian adalah guru dan siswa. Alat pengumpul data yang penulis gunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian RA Al Ulya 2 Bandar Lampung maka dapat disimpulkan bahwa Perkembangan Motrik Kasar Anak Melalui Permainan Gerak dan Lagu di RA Al Ulya 2 Bandar Lampung bahwa sudah berkembang sangat baik dengan adanya permainan gerak dan lagu yakni dengan mengikuti langkah-langkah permainan gerak dan lagu: 1) memperhatikan kondisi fisikologis perkembangan anak kemudian tema dari gerak dan lagu, 2) memilih gerak dan lagu yang mempunyai tingkat kesulitan geraknya rendah, 3) memilih gerak lagu yang mempunyai gerak komikal, yaitu gerak- gerak yang mengandung sesuatu yang lucu, 4) memilih gerak lagu yang mempunyai alur dinamik sedang, 5) buatlah pola lantai gerak lagu sederhana mungkin dengan memperhatikan nilai kemenarikan sebuah sajian, 6) pilih gerak lagu yang dilakukan secara berkelompok, ii7) hendaknya pendidik menguasai tentang materi gerak lagu sebelum mengajari, 8) berikan bentuk –bentuk gerakan bertahan dengan diawali satu macam pola gerakan jangan sekaligus, 9) buatlah selingann-selingan berupa cerita yang relevan dari gerak lagu yang diajarkan. Kata Kunci : Permainan Gerak dan Lagu, Perkembangan Motorik Kasar, AUD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2021 04:22
Last Modified: 16 Nov 2021 04:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16431

Actions (login required)

View Item View Item