PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MHM (MATHEMATICAL HABITS OF MIND) BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs N 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Ulfah, Imas Nuriyah (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MHM (MATHEMATICAL HABITS OF MIND) BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs N 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_lengkap_imas.pdf]
Preview
PDF
Download (9MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan alamiah yang dimiliki oleh setiap individu, namun kemampuan tersebut tidak akan berkembang jika tidak dikembangkan. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik masih rendah hal ini dikarenakan strategi pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran matematika masih menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan strategi pembelajaran MHM (Mathematical Habits Of Mind) berbasis masalah dengan tujuan untuk mengetahui (1) adakah pengaruh strategi pembelajaran MHM terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis, (2) adakah pengaruh pada peserta didik yang memiliki disposisi matematis tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan berpikir kreatif, (3) adakah interaksi antara proses pembelajaran dengan disposisi matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental design, populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTs N 2 Bandar Lampung. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang dipilih dengan teknik acak kelas, yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dengan strategi pembelajaran MHM (Mathematical Habits Of Mind) berbasis masalah dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol dengan strategi pembelajaran ekspositori. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama, dengan taraf signifikansi 5 %. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Berdasarkan hasil analisis diperoleh Fa hitung = 9.3891 > FTabel = 4,016 sehingga H0A ditolak, Fb hitung = 69.2343 > FTabel = 3,165 sehingga H0B ditolak, dan Fab hitung = 0.8763 < FTabel = 3,165 sehingga H0AB diterima. Berdasarkan uji anava sel tak sama diperoleh kesimpulan: (1) ada pengaruh strategi pembelajaran MHM terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis (2) ada pengaruh pada peserta didik yang memiliki disposisi matematis tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis (3) tidak terdapat interaksi antara proses pembelajaran dengan disposisi matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 23 Oct 2017 06:44
Last Modified: 23 Oct 2017 06:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1643

Actions (login required)

View Item View Item