ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM PEMASARAN BIRO PERJALANAN UMRAH DAN HAJI BERBASIS PROFIT SHARING (Studi di PT. Dream Tour Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung)

IQBAL, BAROYA (2021) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM PEMASARAN BIRO PERJALANAN UMRAH DAN HAJI BERBASIS PROFIT SHARING (Studi di PT. Dream Tour Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perusahaan dibidang penyelenggara layanan ibadah umrah dan haji selalu membutuhkan sistem pemasaran. Saat ini biro perjalanan umrah dan haji sudah banyak mengusung sistem pemasaran yang menggunakan berbagai macam bentuk promosi dalam menjual produk, jasa, dan layanannya. Ekonomi dalam pandangan Islam, manusia diperintahkan untuk melakukan usaha yang produktif dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Semakin majunya perkembangan dibidang ekonomi adanya kita jumpai kerjasama dari sistem pemasaran tersebut tidak profesional, dzalim melakukan penipuan dan kecurangan. Dalam penelitian ini meneliti terhadap bentuk kerjasama dalam sistem pemasaran yang dilakukan oleh PT. Dream Tour Lampung dan agennya dengan menggunakan profit sharing sebagai metode pembagian hasilnya. Dalam bagi hasil (profit sharing) terdapat akad-akad yang digunakan dalam membentuk kerjasama dan harus terpenuhi rukun dan syaratnya. Namun, pelaksanaan dalam penelitian ini tidak ada kejelasan terhadap penggunaan akad-akad bagi hasil tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana praktik sistem pemasaran biro perjalanan umrah dan haji berbasis profit sharing pada PT. Dream Tour dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap sistem pemasaran biro perjalanan umrah dan haji PT. Dream Tour. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik sistem pemasaran biro perjalanan umrah dan haji berbasis profit sharing pada PT. Dream Tour dan untuk menganalisis hukum Islam terhadap sistem pemasaran biro perjalanan umrah dan haji PT. Dream Tour. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif, analisis sumber data berasal dari hasil penelitian lapangan. Data primer diperoleh melalui teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara, serta dilengkapi oleh data sekunder. Analisis dilakukan secara kualitatif dengan metode berfikir induktif yang berasal dari fakta dan peristiwa yang khusus dan di generalisasi secara umum. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dalam praktiknya kerjasama yang dilakukan tidak menggunakan akad-akad bagi hasil yang merujuk kepada penggunaan metode profit sharing dalam pembagian hasil atas kerjasamanya seperti akad mudharabah dan musyarakah, karena kerjasama yang dilakukan tidak ada kontribusi modal yang diberikan perusahaan kepada agen selaku pelaku usaha dalam menjalankan kerjasama. Sehingga dari kerjasama antara PT. Dream Tour dan agen pemasarannya menggunakan metode profit sharing hanya sebagai acuan dalam menghitung pembagian hasil atas kerjasama yang mereka lakukan tanpa menggunakan akad-akad yang mengarah kepada akad bagi hasil seperti mudharabah dan musyarakah. Berdasarkan analisis hukum Islam dari kerjasama ini adalah adanya akad ju‟alah (iltizam) perusahaan kepada agen berupa imbalan, hadiah atau reward yang diberikan apabila agen berhasil melakukan prestasi kerja yaitu dapat mempromosikan, mengajak dan mendaftarkan calon jamaah untuk menggunakan PT. Dream Tour. Berdasarkan praktiknya kerjasama ini diperbolehkan karena telah sesuai dan memenuhi rukun dan syarat ju‟alah yang ditetapkan oleh Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2021 03:59
Last Modified: 16 Nov 2021 03:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16425

Actions (login required)

View Item View Item