PERAN PENGGUNAAN APLIKASI ONLINE DAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI UMKM KOTA BANDAR LAMPUNG PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di UMKM Kerajinan Tapis WAWAY SENTOSA Kecamatan Rajabasa)

RANDI, OCSINARDI (2021) PERAN PENGGUNAAN APLIKASI ONLINE DAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI UMKM KOTA BANDAR LAMPUNG PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di UMKM Kerajinan Tapis WAWAY SENTOSA Kecamatan Rajabasa). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam pembangunan ekonomi di Indonesia, Industri Kecil dan Menengah adalah kegiatan yang memiliki potensi guna dikembangkan mengingat sumber daya alam lokal dan kreativitas masyarakat pada bidang seni dan kerajinan memberikan kontribusi kesejahteraan masyarakat. Salah satu indikator keberhasilan usaha kecil dan menengah ialah meningkatnya suatu penjualan.Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan penjualan ialah melakukan pelatihan kewirausahaan dan penggunaan aplikasi online yang dianggap mampu untuk meningkatkan volume penjualan. Pelatihan Kewirausahaan yang digalakan diharapkan menambah kemampuan karyawan sehingga mampu meningkatkan volume penjualan namun nyatanya volume penjualan produk mengalami fluktuatif. Masalah ini yang melatar belakangi peneliti tertarik untuk meneliti permasalahan ini. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah , Apakah penggunaan aplikasi online berperan dalam meningkatan volume penjualan kerajinan tapis Waway sentosa kota bandar lampung dan Apakah pelatihan kewirausahaan berperan dalam meningkatan volume penjuala kerajinan tapis Waway Sentosa Kota Bandar Lampung? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari quisioner / angket pada para karyawan di Waway Sentosa Bandar lampung. Data yang terkumpul di analisis menggunakan regresi linear berganda. Secara keseluruhan hasil analisis regresi linear berganda disimpulkan bahwa nilai konstanta x1 mempunyai arah koefisien regresi positif yaitu sebesar 0,187 menunjukkan apabila variabel peran aplikasi online mengalami peningkatan 1%, maka variabel peningkatan penjualan mengalami peningkatan sebesar 0,187%. Ini artinya ketika peran aplikasi online meningkat sebesar 1% akan mengakibatkan penambahan tingkat penjualan sebesar 0,187% lalu nilai konstanta x2 mempunyai arah koefisien regresi positif yaitu sebesar 0,075 namun memiliki tingkat signifikansi yang lebih besar dari standar signifikansi 0,05 yaitu 0,457 (0,457> 0,05) maka sebesar apapun kenaikan pada variabel pelatihan kewirausahaan tidak memiliki peran apapun terhadap peningkatan penjualan pada Waway Sentosa. Kata Kunci : Volume Penjualan, Aplikasi online, Pelatihan Kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2021 03:51
Last Modified: 16 Nov 2021 03:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16423

Actions (login required)

View Item View Item