PENGARUH TINGKAT KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN DAN BRAND EQUITY TERHADAP MINAT PENGGUNAAN MOBILE BANKING PADA BANK SYARIAH DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Empiris Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung)

Ali, Hapis (2021) PENGARUH TINGKAT KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN DAN BRAND EQUITY TERHADAP MINAT PENGGUNAAN MOBILE BANKING PADA BANK SYARIAH DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Empiris Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pada era teknologi informasi sekarang ini perilaku nasabah/konsumen banyak berubah dalam melakukan transaksi perbankan, dimana nasabah sangat mengedepankan aspek kemudahan, fleksibilitas, efisiensi, dan kesederhanaan. Hal ini membuat bank-bank berlomba-lomba untuk berusaha memberikan layanan terbaiknya kepada nasabah, salah satunya melalui layanan mobile banking. Teknologi mobile banking merupakan salah satu jenis pelayanan yang diberikan bank syariah kepada nasabahnya agar nasabah dapat melakukan transaksi perbankan kapan saja dan dimana saja setiap saat tanpa harus datang ke bank yang bersangkutan. Penelitian ini menguji apakah variabel tingkat kepercayaan, kemudahan, dan brand equity memiliki pengaruh atau tidak terhadap minat penggunaan mobile banking. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Apakah tingkat kepercayaan, kemudahan dan brand equity berpengaruh terhadap minat penggunaan mobile banking pada bank syariah dimasa pandemi covid-19 pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung?, (2) Bagaimana tingkat kepercayaan, kemudahan dan brand equity terhadap minat penggunaan mobile banking pada bank syariah dimasa pandemi covid-19 pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung Menurut Perspektif Islam?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan menjelaskan tingkat kepercayaan, kemudahan dan brand equity berpengaruh terhadap minat penggunaan mobile banking pada bank syariah dimasa pandemi covid-19 pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung, (2) Untuk mengetahui dan menjelaskan tingkat kepercayaan, kemudahan dan brand equity terhadap minat penggunaan mobile banking pada bank syariah dimasa pandemi covid�19 pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung Menurut Perspektif Islam. Penelitian ini meggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, populasi penelitiannya adalah Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung dengan sampel yang diambil adalah 100 responden yang menggunakan mobile banking. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan menyebarkan kuesioner dengan menggunakan goole from. Metode analisis data yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik dan Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil dari penelitian pada analisis regresi linier berganda, uji persial (t) mengindikasikan bahwa Variabel kepercayaan iii memperoleh nilai signifikansi 0,216 > 0,05 serta koefisien bernilai positif (0,126) maka dengan kata lain Kepercayaan (X1) secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Minat penggunaan mobile banking (Y). Variabel kemudahan meperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 serta koefisien bernilai positif (0,443) maka dengan kata lain kemudahan (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan mobile banking (Y).Variabel brand equity memperoleh nilai signifikansi 0,004 < 0,05 serta koefisien bernilai positif (0,241) maka dengan kata lain brand equity (X3) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan mobile banking (Y). Pentingnya memeberikan pelayanan yang berkualitas disebabkan pelayanan (service) tidak hannya sekedar mengantarkan dan melayani. Service berarti mengerti, memahami dan merasakan sehingga penyampaiannya pun akan mengenai heartshare konsumen dan pada akhirnya memperoleh posisi dalam mindset konsumen. Begitupun dengan kepercayaan, kemudahan dan brand equity terhadap minat penggunaan mobile banking dalam perspektif ekonomi islam, sesuai dengan apa-apa yang telah difirmankan oleh Allah SWT, yaitu Allah menyukai bagi setiap manusia yang menjaga kepercayaan atau amanah dari orang lain, memeberikan kemudahan-kemudahan bagi setiap kesulitan orang lain dan menciptakan brand atau merek yang menjadi identitas perusahaan. Kata Kunci: Kepercayaan, Kemudahan, Brand Equity dan Mobile Banking.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2021 03:45
Last Modified: 16 Nov 2021 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16421

Actions (login required)

View Item View Item