PESAN DAKWAH DALAM SERIAL ANIMASI RIKO THE SERIES DI AKUN YOUTUBE RIKO THE SERIES (Analisis Framing Model Robert Entman)

ARMA, VERONICA (2021) PESAN DAKWAH DALAM SERIAL ANIMASI RIKO THE SERIES DI AKUN YOUTUBE RIKO THE SERIES (Analisis Framing Model Robert Entman). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pesan dakwah merupakan bahan-bahan atau isi materi yang akan disampaikan oleh dai kepada mad'u dalam dakwah. Berdakwah tidak hanya dilakukan dengan ceramah saja, tetapi juga terdapat beberapa cara seperti media dakwah yang bisa dimanfaatkan guna menyebarkan ajaran islam, bahkan seiring dengan berkembangnya teknologi penggunaan internet semakin meningkat, bahkan anak-anak sampai orang dewasa sekalipun cendrung lebih banyak menghabiskan waktu bermain gadget daripada belajar agama, oleh karna itu di butuhkan media dakwah yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu media yang dapat digunakan untuk berdakwah adalah film. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pesan-pesan dakwah yang ada didalam serial Riko the series. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksploratif. Sumber data diperoleh melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kemudian di analisis menggunakan metode analisis framing model Robert entman. Pada model ini, Robert Entman menekankan pada perangkat framing pembingkaian kedalam empat elemen, yaitu Define Problems, Diagnose Cause, Make Moral Judgement dan Treatment Recommendation. Film animasi dikemas dengan bingkai untuk menemukan suatu pokok permasalahan dalam gambar dengan mengontruksikan masalah yang terjadi dan mencari solusi dengan cara membuat keputusan dari suatu dalih atau gagasan yang familiar di ketahui oleh masyarakat. Temuan data dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pesan dakwah dalam film animasi riko the series adalah tanaman bertasbih, mengucapkan kalimat thayyibah, adab berpakaian yang baik, meminta maaf bertanggung jawab dan bersyukur. Kata Kunci : Pesan Dakwah, Framing, Film

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:46
Last Modified: 16 Nov 2021 02:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16414

Actions (login required)

View Item View Item