ANALISIS DAMPAK RAMADHAN TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) DAN INDONESIA SHARIA STOCK INDEKS (ISSI) PERIODE 2015-2020

Beta, Nur Ariana (2021) ANALISIS DAMPAK RAMADHAN TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) DAN INDONESIA SHARIA STOCK INDEKS (ISSI) PERIODE 2015-2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Beta Nur Ariana FIX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab I & II Beta.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Fenomena Ramadhan effect atau dampak Ramadhan merupakan sebuah anomali musiman dimana terdapat pengaruh dari faktor psikologis investor sehingga mempengaruhi pengambilan keputusan. Fenomena ini biasanya ditunjukkan dengan adanya return yang lebih tinggi atau lebih rendah pada bulan Ramadhan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat perbedaan return pada Indeks Harga Saham Gabungan dan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) sebelum dan setelah Ramadhan, dan bagaimana investasi dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keberadaan fenomena Ramadhan effect pada return di Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan Indonesia Sharia Stock Index (ISSI). Data yang digunakan adalah data sekunder berupa data runtut waktu (time series) dengan skala harian yang berasal dari harga penutupan indeks dengan periode mulai satu bulan sebelum dan satu bulan selama bulan Ramadhan terhitung dari tahun 2015 sampai dengan 2020. Dengan menggunakan metode paired sample t-test, hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan return saham indeks IHSG dan ISSI yang mengindikasikan bahwa bulan Ramadhan tidak berdampak signifikan. Faktor yang mempengaruhi adalah dari sisi perusahaan yang cukup berhasil dalam menyampaikan informasi perusahaannya seperti pada laporan keuangannya. Selain itu tidak adanya dampak iii fenomena pada bulan Ramadhan juga dipengaruhi oleh komposisi investor di Indonesia, yang lebih didominasi oleh investor asing dan institusi. Hal ini mengakibatkan tidak terjadi perubahan pada aktivitas didalam pasar modal selama bulan Ramadan. Kata Kunci : Ramadhan Effect, Return Saham,Indeks Harga Saham Gabungan, Indoensia Sharia Stock Index.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:20
Last Modified: 16 Nov 2021 02:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16408

Actions (login required)

View Item View Item