PENGARUH SIKAP MANDIRI, LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)

NURHAYATI, NURHAYATI (2021) PENGARUH SIKAP MANDIRI, LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FIX NURHAYATI (1651010071) 16 Juli 2021- SIAP CETAK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kewirausahaan berhubungan erat dengan pencarian rezeki untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bagi setiap muslim, bekerja merupakan suatu upaya sungguh-sungguh dengan mengarahkan seluruh aset dan berikhtiar dzikirnya untuk menundukkan dunia, serta menempatkan dirinya sebagai bagian dari masyarakat yang berguna bagi orang lain. Mahasiswa sebagai pembelajar menarik untuk diteliti karena masih banyak mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung yang minat berwirausahanya masih rendah. Oleh karena itu penulisan tertarik untuk meneliti masalah tersebut dan guna mengetahui pengaruh sikap mandiri, lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung terhadap minat berwirausaha perspektif Ekonomi Islam Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan data dianalisis dengan metode statistik. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengisian kuesioner dilakukan secara self administered questionare yaitu responden menjawab sendiri kuesioner yang telah dibuat peneliti. Analisis data menggunakan uji regresi linier berganda. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa ada pengaruh secara parsial dan simultan antara Sikap Mandiri (X1) dan Pendidikan Kewirausahaan (X2) serta lingkungan keluarga (X3) terhadap Minat berwirausaha (Y). Sikap mandiri sesungguhnya menjadi nilai yang diberikan kepada manusia untuk menentukan pilihannya sendiri dalam kehidupan dan karier dalam berwirausaha. Penanaman nilai-nilai kewirausahaan ini pun dapat dilakukan melalui pendidikan kewirausahaan. Sikap dalam berwirausaha juga dapat dibentuk dan ditanamkan dari keluarga. Dukungan keluarga juga dapat membantu dan memotivasi anak dalam memulai sebuah usaha dan meningkatkan minat berwirausaha. Dalam ekonomi Islam, baik dari segi konsep maupun praktik, aktivitas kewirausahaan bukanlah hal yang asing, justru inilah yang sering dipraktikkan oleh Nabi, istrinya, para sahabat, dan juga para ulama di tanah air. Islam bukan hanya bicara tentang entrepreneurship, tetapi langsung mempraktikkannya dalam kehidupan nyata. Kata Kunci : Sikap Mandiri, Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Minat Berwirausaha

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:16
Last Modified: 16 Nov 2021 02:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16407

Actions (login required)

View Item View Item