PENGARUH IN SERVICE TRAINING, KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN IKLIM KERJA TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH DI MTsN LAMPUNG SELATAN

SUGITO, .Dr (2021) PENGARUH IN SERVICE TRAINING, KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN IKLIM KERJA TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH DI MTsN LAMPUNG SELATAN. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1-2 DAN DAFTAR PUSTAKA @SUGITO.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of DISERTASI FULL @SUGITO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh In Service Traini, Kompetensi Pedagogik dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru di MTsN Lampung Selatan Oleh Sugito Kinerja guru dalam upaya peningkatannya, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi, sehingga berdampak pada tinggi rendahnya kinerja guru tersebut. Diantara faktor tersebut antara lain in service training sebagai seorang guru yang sistem kerjaberhadapan langsung dengan pelanggan pendidik dalam hal ini adalah siswa, maka seorang guru perlu diberikan suatu program bimbingan karir karena hal tersebut merupakan salah satu strategi organisasi dalam meningkatkan kinerja dan profesionalitas SDM dalam suatu organisasi. faktor yang ke kedua adalah kompetensi Pedagogik, kompetensi ini juga dapat mempengaruhi terhadap kinerja guru. Faktor yang ke tiga iklim kerja, tersedianya iklim kerja positif yang dapat menumbuhkan kinerja guru, dan memberikan inspirasi para guru untuk menampilkan kinerja terbaik mereka. Rumusan masalah apakah terdapat pengaruh in service training, kompetensi pedagogik, iklim kerja secara simultan dan bersama-sama terhadap kinerja guru di MTsN Lampung Selatan Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yakni metode penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Kemudian data-data tentang gejala, peristiwa, atau kejadian yang terjadi dikuantifikasikan dalam bentuk angka-angka. Teknik Analisis data dalam pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (Angket), interview, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel; (1). in-service training berpengaruh signifikan terhadap Kinerja guru dengan nilai t tabel 1,668 dan nilai t hitung sebesar 1,954 dan sig 0,004. Maka diketahui nilai t hitung > t tabel (1,954 >1,668) dan sig 0.04< 0,05 yang berarti Ha diterima. (2). variabel Kompetensi Pedagogik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru MTsN di Kabupaten Lampung selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai t tabel 1,668 dan nilai t hitung sebesar 10,081 dan sig 0,00. Maka diketahui nilai t hitung> t tabel (10,081>1,668) dan sig 0.00< 0,05 yang berarti Ha diterima. (3).Variabel Iklim kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru pada MTsN Kabupaten Lampung Selatan dengan nilai t tabel 1,668 dan nilai t hitung sebesar 2,063 dan sig 0,01.Maka diketahui nilai t hitung> t tabel (2,063<1,668) dan sig 0.01< 0,05 yang berarti Ha diterima. Kesimpulan. in-service training, kompetensi pedagogik dan iklim kerja berpengaruh secara simultan terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan dengan hasil statistik F hitung 192,454> nilai F tabel yaitu 2,75. dengan signifikansi sebesar 0,00.Oleh karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,00<0,05). Kata Kunci : In Service Training, Kompetensi Pedagogik, Iklim Kerja dan Kinerja guru iiiABSTRACT Influence In Service Training, Pedagogical Competence and Climate Work On Teacher Performance in the MTsN South Lampung By Sugito Teacher performance in the efforts to improve, there are several factors that can affect, thus impacting on the high low performance of the teacher. Among these factors include In Service Training as a teacher whose work system is directly facing the customer educator in this case is a student, then a teacher needs to be given a career guidance program because it is one of the organizational strategies in improving the performance and professionalism of human resources in an organization. While the second factor is Pedagogic competence, this competency can also affect the performance of teachers. Pedagogic competence of teachers is a number of compensations that demand the ability of teachers in understanding about learners and the implementation of educational learning. The third factor is the working climate, the availability of a positive work climate that can foster teacher performance, and inspire teachers to showcase their best performance. This study uses descriptive - quantitative method, which is a research method that seeks to describe a symptom, event, event that occurs at this time. Then the data about the symptoms, events, or events that occur are quantified in the form of numbers. Data analysis techniques in data collection using questionnaire methods (Questionnaires), interviews, observations and documentation. The results showed that the variable In-service training had a significant effect on teacher performance with a table t value of 1,668 and a calculated t value of 1,954 and a sig of 0.004.Then it is known that the t value of the table > t count (1,954 >1,668) and sig 0.04< 0.05 which means Ha is accepted. Pedagogic Competency variable has a positive and significant influence on the performance of MTsN teachers in south Lampung Regency. So it is known that the value of t count> t table (10,081>1,668) and sig 0.00< 0.05 which means Ha received. 668 and t- count values of 2,063 and sig 0.01.Then known t-count values> table t (2,063<1,668) and sig 0.01< 0.05 which means Ha diterima. conclusion. In-service training, Pedagogic Competence and Work Climate simultaneously affect teacher performance. This is evidenced by the statistical results of F calculate 192,454> the table F value is 2.75. significance of 0.00.Therefore the value of significance is less than 0.05 (0.00<0.05). Keywords: In Service Training, Pedagogic Competence, Working Climate andTeacher Performance ivسؽثٌا ضخٍِ ىٍػ ششؤٌ اِّ ،ششؤذ ْأ ٓىٌّ ًرٌا ًِاٛؼٌا ِٓ ذٌذؼٌا نإ٘ٚ ،ٍٓسؽرٌ حٌٚزثٌّا دٛٙعٌا ًف ٍُؼٌّا ءادأ ٍّٗػ َاظٔ طسذّو حِذخٌا ًف ةٌسذرٌا ًف ًِاٛؼٌا ٖز٘ ٍٓت ِٓٚ .ٍُؼٌّا ِٓ حٌٍاػ غفخٌّٕا ءادلأا ٍٗظٛرٌا طِأشت ىطؼذ ْأ ىٌإ ضارؽٌ ٍُؼٌّا ُش ،ةٌاط ٛ٘ حٌاؽٌا ٖز٘ ًف ءلاّؼٌا ٍُؼٌّا جششاثِ ٗظاٌٛ .حّظِٕ ًف حٌششثٌا دساٌّٛا حٍِٕٙٚ ءادأ ٍٓسؽذ ًف حٍٍّظٕرٌا خاٍعٍذاشرسلاا ِٓ ذؼاٚ ٛ٘ ٗٔلأ ًفٍظٌٛا .ٍٍّٓؼٌّا ءادأ ىٍػ اضٌأ ششؤذ ْأ ٓىٌّ جءافىٌا ٖز٘ ْئف ،حٌٛتشرٌا جءافىٌا ٛ٘ ًٔاصٌا ًِاؼٌا ْأ ٍٓؼ ًفٚ زٍفٕذٚ ٍٍّٓؼرٌّا ُٙف ىٍػ ٍٍّٓؼٌّا جسذل ةٍطرذ ًرٌا خاضٌٛؼرٌا ِٓ دذػ ً٘ ٍٍّٓؼٌٍّ حٌٛتشرٌا جءافىٌا ٌٍُٙٚ ،ٍٍّٓؼٌّا ءادأ صضؼٌ ْأ ٓىٌّ ًتاعٌإ ًّػ ؾإِ شفاٛذٚ ،ًّؼٌا ؾإِ ٛ٘ سٌاصٌا ًِاؼٌاٚ .ٍٍُؼرٌا ُٙئادأ ًضفأ عشؼٌ ٍٍّٓؼٌّا. زذؽٌاٚ عاشػلأا فطٚ ىٌإ ىؼسذ حٍصؽت حمٌشط ً٘ٚ ، حٍّو - حٍفطٚ حمٌشط حساسذٌا ٖز٘ َذخرسذ ًرٌا زاذؼلأا ٚأ زاذؼلأا ٚأ عاشػلأا يٛؼ خأاٍثٌا طاٍل ُرٌ ُش .دلٌٛا از٘ ًف زذؽٌ يزٌا زذؽٌاٚ )خأاٍثرسلاا( ْاٍثرسلاا ةٌٍاسأ َاذخرسات خأاٍثٌا غّظ ًف خأاٍثٌا ًٍٍؽذ خإٍمذ .َالسأ ًىش ًف زذؽذ كئاشٌٛاٚ خاظؼلاٌّاٚ خلاتامٌّاٚ. يٚذعٌا حٍّمت ٍٍّٓؼٌّا ءادأ ىٍػ شٍثو شٍشأذ ٌٗ ْاو حِذخٌا ءإشأ شٍغرٌّا ةٌسذرٌا ْأ طئارٌٕا خشٙظأٚ t حٍّلٚ 1 668 حغٌاثٌا t ٚ 1 959 حتٛسؽٌّاsig حٍّل ْأ فٚشؼٌّا ّٓف ًٌارٌاتٚ .....9 ِٓ t ذؼٌا > t ٚ )15668> 15959( يٚذعٌا sig 0.04< 0.05 شٍشأذ ٌٗ حٌٛتشرٌا جءافىٌا شٍغرِ .يٛثمِ ا٘ ًٕؼٌ اِّ ٍٍّٓؼٌّا ءادأ ىٍػ شٍثوٚ ًتاعٌإ حٍّلٚ 668 .>><ًسٕعٌس ؾٔٛثِلا بٕٛظ ًف t ٚ 3.62 ً٘ حتٛسؽٌّا sig 0.01.Then حٍّل ْأ فٚشؼٌّا ِٓٚ t ذؼٌا> t ٚ )15668<35.62( يٚذعٌا sig 0.01< 0.05 اِّ خدسٚ ا٘ ًٕؼٌ. .ٍٍّٓؼٌّا ءادأ ىٍػ ذؼاٚ دلٚ ًف ششؤذ ًّؼٌا ؾإِٚ حٌٛتشرٌا جءافىٌاٚ ،حِذخٌا ءإشأ ةٌسذرٌا .ضارٕرسا ي حٍئاظؼلإا طئارٌٕا ِٓ هٌر ػضرٌٚ F حٍّ٘أ .3.75 ً٘ ٚاٚ يٚذعٌا حٍّل >193 959 باسؽٌ ...5<....( ...5 ِٓ ًلأ حٍّ٘لأا حٍّل هٌزٌٚ.....). ٍٍّٓؼٌّا ءادأٚ ًّؼٌا ؾإِٚ ،حٌٛتشرٌا جءافىٌاٚ ،حِذخٌا ىٍػ ةٌسذرٌا ًف :حٍسٍئشٌا خاٍّىٌا

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Nov 2021 05:34
Last Modified: 15 Nov 2021 05:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16404

Actions (login required)

View Item View Item