PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF CONTROL DALAM MENINGKATKANKECERDASAN EMOSIONAL PADA PESERTA DIDIK DI MTS NURUL ISLAM BANJIT WAY KANAN

NURUL, HIKMAH (2021) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF CONTROL DALAM MENINGKATKANKECERDASAN EMOSIONAL PADA PESERTA DIDIK DI MTS NURUL ISLAM BANJIT WAY KANAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian Pengaruh pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik Self Control dalam meningkatkan kecerdasan emosional pada peserta didik kelas VIII MTS Nurul Islam Banjit Waykanan ini dilatar belakangi oleh sering timbulnya permasalahan kecerdasan emosional pada peserta didik. Maka dari itu peneliti ingin mengamati Pengaruh pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik Self Control dalam meningkatkan kecerdasan emosional pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik Self Control dalam meningkatkan kecerdasan emosional pada peserta didik kelas VIII MTS Nurul Islam Banjit Waykanan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan observasi. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre- eksperiment design one group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini berfokus pada Pengaruh pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik Self Control dalam meninggkatkan kecerdasan emosional pada peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII yang berjumlah 8 peserta didik yang memiliki permasalahan kecerdasan emosional. Dengan teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik Self Control dalam meningkatan kecerdasan emosional pada peserta didik kelas VIII MTS Nurul Islam Banjit Waykanan berpengaruh dan mengalami perubahan ke arah yang lebih baik pada peserta didik. Hal ini telah dibuktikan dengan hasil pretest dan posttest yang telah dikalukan sebelum dan setelah pemberian layanan berdasarkan analisis data menggunakan Uji Wilcoxon. Dan hasil pretest menggunakan instrumen berupa angket, peserta didik mendapatkan skor sebesar 529 dengan skor rata-rata sebesar 66,13. Kemudian setelah mendapatkan layanan konseling kelompok menggunakan teknik Self Control , peserta didik diberikan posttest menggunakan insrument yang sama yaitu berupa angket dan mendapatkan skor sebesar 906 dengan skor rata-rata 113.3. 6. Dan juga dapat diketahui bahwa nilai z hitung lebih besar dari z tabel. z hitung yaitu sebesar 2,527 > 0,2190 dan juga diperoleh nilai signifikan 0,012 dimana nilai tersebut lebih kecil dari rtabel signifikasi 0.05 maka Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dari penelitian ini dapat iiidisimpulkan bahwa layanan konseling kelompok menggunakan teknik Self Control berpengaruh positif terhadap kecerdasan emosional pada peserta didik. Kata Kunci: Self Control, Konseling Kelompok, Kecerdasan Emosional. ivABSTRACT Research on the implementation of group counseling services with self-control techniques in increasing emotional intelligence in class VIII students at MTS Nurul Islam Banjit Waykanan is motivated by the frequent occurrence of emotional intelligence problems in students. Therefore, researchers want to observe the observation of group counseling services with self-control techniques in increasing emotional intelligence in students. The purpose of this study was to determine the effect of implementing group counseling services with self-control techniques in increasing emotional intelligence in class VIII students of MTS Nurul Islam Banjit Waykanan. This study used data collection in the form of questionnaires, interviews and observations. The approach in this study is a quantitative approach with a pre-experimental research design one group pretest-posttest design. This study focuses on the impact of implementing group counseling services with self-control techniques in emotional intelligence on students. The sample in this study was class VIII students consisting of 8 students who had emotional intelligence problems. The sampling technique used is purposive sampling. Based on the results of the study, it showed that the implementation of group counseling services with self-control techniques in increasing emotional intelligence in class VIII students of MTS Nurul Islam Banjit Waykanan had an effect and experienced changes for the better for students. This has been proven by the results of the pretest and posttest which have been multiplied before and after presenting data analysis services using the Wilcoxon Test. And the results of the pretest using an instrument in the form of a questionnaire, students get a score of 529 with an average score of 66.13. Then after getting group counseling services using the self-control technique, students were given a posttest using the same instrument in the form of a questionnaire and got a score of 906 with an average score of 113.3. 6. And it can also be seen that the calculated z value is greater than the z table. z count that is equal to 2.527 > 0.2190 and also obtained a significant value of 0.012 where the value is smaller than the significance rtable of 0.05 then Ha is accepted and Ho is rejected from this study it can be said that group counseling services using self-control techniques have a vpositive effect on emotional intelligence learners. Keywords: Self Control, Counseling Group, Emotional Intelligence.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Nov 2021 05:16
Last Modified: 15 Nov 2021 05:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16403

Actions (login required)

View Item View Item