PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ECIRR (ELICIT, CONFRONT, IDENTIFY, RESOLVE AND REINFORCE) DENGAN STRATEGI QSH (QUESTION STUDENT HAVE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI LITERASI LINGKUNGAN

Dwika, Rahmi Hidayanti (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ECIRR (ELICIT, CONFRONT, IDENTIFY, RESOLVE AND REINFORCE) DENGAN STRATEGI QSH (QUESTION STUDENT HAVE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI LITERASI LINGKUNGAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1 2 dapus.pdf] PDF
Download (557kB)
[thumbnail of skripsi dwika.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika merupakan suatu kemampuan yang perlu dikuasai peserta didik guna penunjang dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik MTs Bahrul Ulum Krawangsari, hal ini ditunjukkan oleh hasil tes kemampuan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, and Reinforce) dengan strategi QSH (Question Student Have) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari literasi lingkungan peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yaitu Quasi Experimental Design dengan rancangan factorial 2 . Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Bahrul Ulum Krawangsari. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A dan kelas VII B. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket literasi lingkungan. Teknik analisis data penelitian ini yaitu uji analisis varians dua jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikan 0,05 dan diperoleh kesimpulan (1) terdapat pengaruh model pembelajaran ECIRR dengan strategi QSH terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari literasi lingkungan peserta didik, (2) tidak terdapat pengaruh literasi lingkungan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, (3) tidak terdapat interaksi antara perlakuan model pembalajaran ECIRR dengan strategi QSH dengan kategori literasi lingkngan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran ECIRR, Strategi QSH, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Literasi lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Nov 2021 04:39
Last Modified: 15 Nov 2021 04:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16401

Actions (login required)

View Item View Item