PENGARUH DANA PIHAK KETIGA DAN PENDAPATAN MARGIN TERHADAP PEMBIAYAAN MURABAHAH (Studi pada Bank Syariah Mandiri periode 2015-2019)

SATRIA, DWI JAYA (2021) PENGARUH DANA PIHAK KETIGA DAN PENDAPATAN MARGIN TERHADAP PEMBIAYAAN MURABAHAH (Studi pada Bank Syariah Mandiri periode 2015-2019). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pembiayaan murabahah merupakan akad jual beli barang dengan menyatakan harga perolehan dan keuntungan (margin) yang disepakati oleh penjual dan pembeli. Semakin tinggi pembiayaan murabahah maka semakin tinggi pula pendapatan margin murabahah begitu juga sebaliknya. Pembiayaan murabahah masih menjadi primadona pembiayaan pada bank syariah, dengan demikian keuntungan yang diterima bank syariah sebagian besar berasal dari pembiayaan murabahah yang keuntungannya dihitung berdasarkan margin yang telah ditetapkan sebelumnya. Permasalahan yang ada sekarang adalah pembiayaan murabahab yang diberikan oleh bank syariah lebih mahal dibandingkan dengan kredit yang diberikan oleh bank konvensional.Hal ini tentu saja menyebabkan bank syariah kalah bersaing dengan bank konvensional. Selain itu masih adanya anggapan masyarakat bahwa bank syariah sekarang ini sama saja dengan bank konvensional, Karena dalam penentuan tingkat margin keuntungannya diduga masih ada pengaruh dari bunga di dalamnya. Fenomena yang terjadi aalah dalam menghitung keuntungan murabahah, bank syariah menggunakan pendekatan base lending rate karena dalam perhitungan keuntungan murabahah belum ada rumusan yang baku. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh dana pihak ketiga terhadap pembiayaan murabahah pada bank mandiri syariah 2015-2019 dan bagaimana pengaruh pendapatan margin terhadap pembiayaan murabahah pada bank mandiri syariah 2015-2019. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dana pihak ketiga terhadap pembiayaan murabahah pada bank mandiri syariah 2015-2019 dan untuk mengetahui pengaruh pendapatan margin terhadap pembiayaan murabahah pada bank mandiri syariah 2015-2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang akan meneliti pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Pendapatan Margin dalam pembiayaan murabahah pada Bank Syariah Mandiri periode 2015-2019. Dalam penelitian ini data kuantitatif yang digunakan adalah berupa angka-angka yang terdapat dalam laporan keuangan publikasi Bank Syariah Mandiri periode tahun 2015-2019, yang diterbitkan melalui website resmi Bank Syariah Mandiri. Sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder, yaitu laporan keuangan yang dipublikasikan melalui website resmi PT. Bank Syariah Mandiri www.mandirisyariah.co.id. Hasil dari penelitian ini adalah variabel Dana Pihak Ketiga (DPK) secara parsial berpengaruh positif terhadap pembiayaan murabahah pada iii Bank Syariah Mandiri tetapi tidak signifikan. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi yaitu 0.286 > 0.05 dan variabel Pendapatan Margin secara parsial berpengaruh positif terhadap pembiayaan murabahah pada Bank Syariah Mandiri tetapi tidak signifikan. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi yaitu 0.007< 0.05

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Nov 2021 04:12
Last Modified: 15 Nov 2021 04:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16397

Actions (login required)

View Item View Item