ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN MELALUI PROGRAM PNM MEKAAR SYARIAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pada Desa Gunung Sugih Raya Kecamatan Gunung Sugih )

RANIA, DYAH AGUSTIN (2021) ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN MELALUI PROGRAM PNM MEKAAR SYARIAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pada Desa Gunung Sugih Raya Kecamatan Gunung Sugih ). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Analisis Implementasi Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui Program PNM Mekaar Syariah dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Desa Gunung Sugih Raya, Kecamatan Gunung Sugih)”. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana Implementasi Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui Program PNM Mekaar Syariah dalam Perspektif Ekonomi Islam di Desa Gunung Sugih Raya, Kecamatan Gunung Sugih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pemberdayaan ekonomi perempuan melalui program PNM Mekaar Syariah yang dilakukan di Desa Gunung Sugih Raya Kecamatan Gunung Sugih dan untuk mengetahui program PNM Mekaar Syariah dalam perspektif Ekonomi Islam di Desa Gunung Sugih Raya Kecamatan Gunung Sugih. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research), di mana dalam penelitian ini penulis akan menggambarkan tentang Implementasi Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui Program PNM Mekaar Syariah dalam Perspektif Ekonomi Islam di Desa Gunung Sugih Raya, Kecamatan Gunung Sugih. Cara pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis secara deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan maka dapat diketahui bahwa kualitas dan kapabilitas SDM, pendapatan, tabungan, konsumsi, dan produksi mengalami peningkatan setelah anggota mendapatkan pinjaman komersial di PNM Mekaar Syariah. Tinjauan ekonomi Islam terhadap program PNM Mekaar Syariah sudah sesuai dengan prinsip pemberdayaan ekonomi perempuan perspektif ekonomi Islam antara lain: prinsip al-‘adl, prinsip persamaan, prinsip partisipasi, prinsip etos kerja, dan prinsip ta’awun. Sedangkan dalam perhitungan pembiayaan mudharabah sudah sesuai dengan fatwa DSN MUI No.15/DSN-MUI/IX/2000. Kata Kunci: Ekonomi Islam, Implementasi, Pemberdayaan Ekonomi Perempuan, Program PNM Mekaar Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:24
Last Modified: 16 Nov 2021 02:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16396

Actions (login required)

View Item View Item