Analisis Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Karyawan Cleaning Service UIN Raden Intan Lampung)

Nurul Etika, Azahra (2021) Analisis Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Karyawan Cleaning Service UIN Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Nurul Etika Azahra.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja merupakan hal yang berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja akan terwujud dengan adanya kerjasama yang baik antara pimpinan dan bawahan. Oleh karena itu pimpinan harus bisa menerapkan gaya kepemimpinan yang disenangi karyawannya dan menciptakan lingkungan kerja yang baik, sehingga kinerja karyawan akan maksimal. Seperti halnya UIN Raden Intan Lampung yang memiliki karyawan cleaning service sebanyak 83 karyawan yang mana mereka dipimpin oleh Kasubbag Rumah Tangga. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode field research atau metode lapangan dan penelitian ini bersifat kualitatif, yang bertujuan untuk menjelaskan kondisi secara langsung dan berupaya memberikan solusi terhadap permasalah yang ada dalam aspek kehidupan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan di UIN Raden Intan Lampung? Dan bagaimana gaya kepemimpinan, lingkungan kerja dan kinerja karyawan di UIN Raden Intan Lampung? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan cleaning service di UIN Raden Intan Lampung dan untuk mengetahui bagaimana gaya kepemimpinan, lingkungan kerja dan kinerja karyawan dalam perspektif ekonomi Islam. Teknik, pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode wawancara, kuesioner dan observasi. Populasi dalam penelitian ini seluruh karyawan cleaning service yang erjumlah 83 orang dan sampel berjumlah 83 orang. Dari hasil pembahasan diketahui bahwa gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja yang diterapkan pimpinan yaitu gaya kepemimpinan demokratis dan berpengaruh baik terhadap kinerja karyawan cleaning service UIN Raden Intan Lampung. Dalam perspektif ekonomi Islam gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan sudah berpedoman pada ajaran-ajaran Islam sehingga gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja secara perspektif Islam sudah diterapkan . Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Kinerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Nov 2021 04:06
Last Modified: 15 Nov 2021 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16394

Actions (login required)

View Item View Item