RESPON MAHASISWA KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM TERHADAP PENYEBARAN INFORMASI MENGANDUNG UNSUR SARA DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

RENDI, KRISDIANTA (2021) RESPON MAHASISWA KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM TERHADAP PENYEBARAN INFORMASI MENGANDUNG UNSUR SARA DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI PDF UPLOAD.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of PDF SKRIPSI RERNDI bab 1 2 dapus.pdf] PDF
Download (914kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam terhadap postingan SARA di media sosial Instagram. Penelitian ini dilaksanakan di UIN Raden Intan Lampung. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer atau data utama berupa hasil wawancara dengan informan dan data sekunder atau data pendukung berupa buku, disertasi, tesis, jurnal, artikel, dan internet. Informan dalam penelitian ini terdiri atas sebelas orang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Intan Lampung yang aktif menggunakan Instagram. Sampel penelitian ditentukan secara non random sampling, dimana peneliti memilih sampel dari populasi melalui kriteria tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan korespendensi melalui WhatsApp. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan cara redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) postingan SARA di media sosial Instagram ternyata banyak dijumpai dan berisi ujaran kebencian yang dapat memecah belah umat. Mahasiswa KPI memberikan tanggapan bahwasannya mereka tidak setuju dan tidak menyukai adanya konten dakwah yang mengandung unsur sara di Instagram. (2) sebagian informan memilih untuk mengabaikan postingan tersebut, sebagian lagi memilih untuk crosscheck kebenarannya, serta adapula yang melaporkan sebuah postingan yang dianggap mengganggu. (3) postingan SARA memberikan dampak positif kepada mahasiswa untuk selalu berhati-hati dalam menyaring informasi, mengakses konten-konten dakwah yang ada di media sosial. Dampak negatifnya lebih banyak yaitu dapat menimbulkan perpecahan antara satu dan lainnya, karena unsur sara juga dikategorikan sebagai rasisme. Serta yang paling ditakutkan adalah yang melihat dan mendengarkan mengikuti perkataan Da’i tersebut karena menganggap bahwa itu adalah sesuatu yang benar. Kata Kunci: Respon, Unsur Sara, Media Sosial Instagram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Nov 2021 03:28
Last Modified: 15 Nov 2021 03:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16385

Actions (login required)

View Item View Item