IMPLEMENTASI ASSET PROTECTION LENDING RATIONALE DALAM MEMINIMALISIR RISIKO PEMBIAYAAN (Studi PT. Bank Syariah Mandiri KC Diponegoro Bandar Lampung)

SASKIA, HANUM PRATIWI (2021) IMPLEMENTASI ASSET PROTECTION LENDING RATIONALE DALAM MEMINIMALISIR RISIKO PEMBIAYAAN (Studi PT. Bank Syariah Mandiri KC Diponegoro Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FIKS CETAK KECIL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dari berbagai kategori pembiayaan segmen business banking yang dilakukan oleh bank syariah salah satunya ialah asset protection lending yaitu pembiayaan dengan skala besar yang permanen namun menggunakan fasilitas jangka pendek. Asset protection lending rationlae merupakan pemikiran bank untuk menilai kemampuan nasabah dalam mengembalian pinjamannya. Penerapan asset protection lending rationale pada segmen business banking terlebih pada pembiayaan modal kerja permanen diharapkan agar bank syariah dapat memastikan proses dan jalannya pembiayaan berjalan dengan baik dan sesuai dengan prinsip syariah dalam meminimalisir risiko tanpa ada masalah terkhusus terjadinya pembiayaan macet Rumusan masalah dari penelitian ini adalah : 1). Bagaimana implementasi asset protection lending rationale dalam meminimalisir risiko pembiayaan pada PT. Bank Syariah Mandiri KC Diponegoro Bandar Lampung?, 2). Bagaimana penerapan asset protection lending rationale pada perbankan syariah dalam perspektif Islam?. Penelitian ini menggunakan pendekan deskriptif kualitatif. Penulis mengambil data dari wawancara dengan Manajer Business Banking PT. Bank Syariah Mandiri KC Diponegoro Bandar Lampung, untuk melihat implementasi dari konsep asset protection lending rationale pada analisis pembiayaan modal kerja revolving dan evergreen segmen business banking. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data dari Miles dan Huberman, yaitu melakukan pengumpulan data, mereduksi data, menyajikan data yang diperoleh dan menyimpulkan serta memverifikasi hasil yang didapat. Hasil analisis menunjukkan bahwa PT. Bank Syariah Mandiri KC Diponegoro Bandar Lampung dalam mengimplementasikan konsep asset protection lending rationale sebelum memberikan pembiayaan kepada nasabah. Dalam implementasinya asset protection lending rationale tetap menggunakan prinsip 5C, akan tetapi ada pengembangan terkait analisis untuk pembiyaaan asset protection lending yaitu RAC dimana pengembangan tersebut terfokus pada risiko dan mitigasi. PT. Bank Syariah Mandiri KC Bandar Lampung dalam mengimplementasikan asset protection lending rationale dinilai telah sesuai dengan prinsip syariah. Analisis yang dilakukan bank sebelum memberikan pembiyaan memperhatikan, usaha nasabah terbebas dari barang non-halal, terhindar dari riba, maisir,gharar, serta melaksanakan prinsip kehati-hatian sesuai etika bisnis Islam. Kata kunci: Asset Protection Lending Rationale, Risiko Pembiayaan, Business Banking

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Nov 2021 07:18
Last Modified: 11 Nov 2021 07:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16370

Actions (login required)

View Item View Item