PENGARUH GAYA HIDUP, KUALITAS PRODUK, SURAT EDARAN TENTANG HARI KOPI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN KOPI ROBUSTA DI BANDAR LAMPUNG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

OKSI, YUDANTARA (2021) PENGARUH GAYA HIDUP, KUALITAS PRODUK, SURAT EDARAN TENTANG HARI KOPI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN KOPI ROBUSTA DI BANDAR LAMPUNG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tanggal 23 Oktober 2019 pemerintah Provinsi Lampung Arinal Djunaidi membuat terobosan dengan dengan menetapkan hari jumat sebagai hari minum kopi lampung yang tentunya diharapkan dapat meningkatkan konsumsi dan mempengaruhi minat beli masyarakat terhadap produk kopi secara husus bagi jajaran pemerintahan dan swasta dan secara umun bagi masyarakat lampung. Hari minum kopi tersebut bertujuan untuk mendorong minat masyarakat dalam mengkonsumsi kopi, dan menjadikan kopi sebagai bagian dari gaya hidup dalam aktivitas masyarakat. Gaya hidup juga telah membawa masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki brand image yang ditawarkan di tempat dan suasana berbeda yang jarang ditemukan. Pola konsumsi masyarakat yang meningkat terhadap minuman kopi merupakan bagian dari gaya hidup. Selain dari faktor internal gaya hidup, keputusan konsumen dalam membeli kopi lokal juga dapat dipengaruhi oleh faktor ekternal yakni kulitas produk, salah satunya adalah dengan cara menonjolkan keunikan dan kelebihan produk yang dihasilkan, atau lebih dikenal dengan istilah diferensiasi. Produk yang unggul dan unik tentunya konsumen berminat terhadap produk yang ditawarkan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh gaya hidup, kualitas produk dan surat edaran (SE) nomor : 045.2/2708.A/V.20/2019 secara parsial maupun simultan (bersama�sama) terhadap minat beli konsumen kopi robusta di Bandar Lampung ditinjau dari perspektif ekonomi Islam. Hasil dari penelitian ini adalah, berdasarkan hasil uji t, dapat diinterpretasi thitung > ttabel, yaitu 5,480> 1,984 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, bahwa gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli. Berdasarkan hasil uji t, dapat diinterpretasi thitung > ttabel, yaitu 4,422 > 1,984 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli. Berdasarkan hasil uji t, dapat diinterpretasi thitung > ttabel, yaitu 5,200 > 1,984 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, bahwa surat edaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli. Berdasarkan hasil uji f, diketahui nilai F hitung > F tabel yaitu 48,439 > 2,70 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,005, artinya secara simultan gaya hidup, kualitas produk, dan surat edaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli. Aktivitas minum kopi ditinjau dari perspektif ekonomi Islam merupakan suatu perbuatan yang tidak dilarang karena kopi bukan iii merupakan minuman yang diharamkan. Dari uraian diatas dapat dikatakan bahwa surat edaran SE nomor: 045.2/2708.A/V.20/2019 memiliki keterkaitan dengan prinsip-prinsip ekonomi islam dalam merumuskan kebijakan dibidang ekonomi. Kata Kunci : Gaya Hidup, Kualitas Produk, Surat Edaran, Minat Beli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Nov 2021 07:05
Last Modified: 11 Nov 2021 07:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16368

Actions (login required)

View Item View Item