TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENGELOLAAN DAN PENDISTRIBUSIAN ZAKAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Lembaga Inisiatif Zakat Indonesia Lampung)

M. Syafrie, Ramadhan (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENGELOLAAN DAN PENDISTRIBUSIAN ZAKAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Lembaga Inisiatif Zakat Indonesia Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia khususnya telah banyak membuat ekonomi masyarakat tidak teratur dan hampir semua terkena dampaknya hingga tidak bisa bekerja atau menganggur. Zakat diberikan kepada 8 golongan (asnaf) yang berhak menerimanya (mustahik). Lembaga IZI memang membagikan zakat dengan membuat beberapa kegiatan di tengah Pandemi ini, sebenarnya tidak ada perbedaan besar dengan hari biasa hanya saja saat pengelolaan dan pendistribusian lebih memerhatikan protokol yang sudah ditetapkan pemerintah. Pengelolaan zakat di IZI Lampung dananya dari sendiri dan dari para Mustahik. Hasil penghimpunan dana ZIS dicatat terpusat, dengan pendistribusiannya di daerah masing-masing. IZI dalam masa Pandemi Covid-19 membuat Program IZI to Covid, beberapa program yaitu, Ifthor/Takjil, Paket Anak Sholeh, Paket Ramadhan, Fitrah, dan Benah Mushola. Rumusan masalah yang akan dibahas penelitian ini adalah Bagaimana pengelolaan dan pendistribusian Zakat pada masa pandemi Covid-19 lembaga IZI Lampung, Bagaimana tinjuan hukum Islam terhadap pengelolaan dan pendistribusian zakat pada masa pandemi Covid-19 yang dilakukan IZI Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan dan pendistribusian Zakat pada masa pandemi Covid-19 lembaga IZI Lampung, untuk mengetahui tinjuan hukum Islam terhadap pengelolaan dan pendistribusian zakat pada masa pandemi Covid-19 yang dilakukan IZI Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), sifat penelitian ini adalah deskriptif analisis. Metode pengumpulan data ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh dalam pengelolaan dan pendistribusian zakat pada masa pandemi covid-19 di IZI Lampung. dalam pendistribsuan utamanya kepada fakir dan miskin,tetapi belum memenuhi semua delapan ashnaf penerima zakat IZI memberikan kepada empat ashnaf penerima zakat dalam bentuk program, dan dalam programnya tidak membuat program khusus untuk pembelian alat alat pelindung diri, serta tidak ada kluster khusus dalam mencari program masyarakat yang tidak mampu sesuai yang dijelaskan di Baznas yang terdampak covid dalam pendistribusian zakat pada masa pademi covid-19 di IZI Lampung belum mempunyai dasar pokok dalam proporsi pendistribusian zakat, dan hanya terfokus dengan 4 ashnaf saja dan dalam membuat program layanan untuk menanggulangi penyebaran virus covid-19 belum membuat programnya seperi arahan Baznas. Menurut pandangan hukum Islam boleh menggunakan dana zakat untuk wabah bencana seperti covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Nov 2021 06:55
Last Modified: 11 Nov 2021 06:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16367

Actions (login required)

View Item View Item