ANGKON ANAK SEBAGAI PRASYARAT PERNIKAHAN DI ADAT LAMPUNG TANJUNG DALOM (Studi Kasus di Desa Tanjung Dalom Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way Kanan)

Ade, Afriansyah (2021) ANGKON ANAK SEBAGAI PRASYARAT PERNIKAHAN DI ADAT LAMPUNG TANJUNG DALOM (Studi Kasus di Desa Tanjung Dalom Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way Kanan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perkawinan merupakan institusi yang sangat penting dalam masyarakat. Eksistensi ini adalah melegalkan hubungan hukum antara seorang laki-laki dengan seorang perempuan.Masyarakat Adat Lampung Pepadun di desa Tanjung Dalom sebelum melakukan pernikahan terdapat tradisi yang dilaksanakan oleh salah satu calon mempelai yang berlainan suku yaitu angkon anak. Salah satu calon mempelai yang berlainan suku di angkat (diangkon) oleh orang asli Lampung yang ada di Desa Tanjung Dalom. Proses selanjutnya, setelah calon mempelai yang berbeda suku telah di angkon oleh orang tua angkatnya yang bersuku lampung, orang tua angkat dari calon mempelai tersebut akan mengundang tokoh Adat yakni Penyimbang, Penglaku untuk duduk bersama dan orang tua angkat tersebut menerangkan maksud dan tujuannya bahwa beliau mengankon si calon mempelai yang berbeda suku menjadi anak angkatnya, dan akan menikahkan anak angkatnya dengan calon mempelai asli suku lampung.Setelah mengungkapkan maksud dan tujuan beliau kepada tokoh adat, makadikemudian hari apabila ada acara begawi (acara adat) anak angkatnya sudah bisa ikut dalam kegiatan tersebut. Berdasarkan uraian diatas, terdapat rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu Bagaimana pandangan masyarakat Adat Lampung pepadun tentang angkon anak sebagai prasyarat pernikahan di adat Lampung Tanjung Dalom, bagaimana analisis hukum islam tentang angkon anak sebagai prasyarat pernikahan di adat Lampung Tanjung Dalom. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pandanganmasyarakat Adat Lampung Tanjung Dalom tentang angkon anak dan untuk mengetahui analisis hukum Islam terhadap tradisi angkon anak sebagai prasyarat pernikahan di adat Lampung Tanjung Dalom.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang data-datanya diperoleh melalui wawancara terhadap beberapa informan yang sudah dipilih dan ditentukan oleh penulis. Sumber data: Primer dikumpulkan melalui interview, maupun dokumentasidan Sekunder dikumpulkan melalui dokumen-dokumen resmi, buku-buku ilmiah, hasil penelitian dan karya ilmiah yang berhubungan dengan objek penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Nov 2021 06:48
Last Modified: 11 Nov 2021 06:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16365

Actions (login required)

View Item View Item