PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW ) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTS DARUL MUQIMIN

INTAN, PRIMAYUDA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW ) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTS DARUL MUQIMIN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI INTAN PRIMAYUDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu faktor rendahnya hasil belajar akidah akhlak berdasarkan hasil wawancara dengan siswa bahwa proses pembelajaran yang dilakukan kurang menarik sehingga proses pembelajaran sangat membosankan. Hal ini menyebabkan perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran masih kurang dan kemampuan berfikir kritis masih sangat rendah akibatnya peserta didik banyak yang kurang menyukai pelajaran akidah akhlak. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti memilih model Pembelajaran MURDER aga peserta didik berperan aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MURDER terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs Darul Muqimin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperiment (Quasy Experimen Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MTs Darul Muqimin Kota Jawa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-tes untuk menjawab hipotesis. Uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov Smirnov untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak. Kemudian uji Homogenitas dilakukan untuk mengetahui data bersifat homogen atau tidak dengan menggunakan uji levene statistic. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand and Riview) pengajuan hipotesis memperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,012 < dari 0.05 yang memiliki nilai lebih kecil dari a sehingga dapat disimpulkan HO ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand and Riview) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darul Muqimin Kata Kunci: Model Pembelajaran MURDER. Hasil Belajar Peserta Didik This study aims to determine the effect of the MURDER Mood, Understand, Recall, Digest, Expand and Review learning model on the subjects of aqidah morals (husnudzan, tawaddu, tasamuh and ta'awun). One of the factors for the low learning outcomes of Aqeedah Morals is in the learning process the use of learning models that are less attractive so that the learning process is very boring. To overcome this, the researchers chose the MURDER learning model (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand and Review) on the learning outcomes of class VIII students in the subject of moral aqidah at MTs Darul Muqimin, Java City, Way Khilau District, Pesawaran Regency, even semester of the 2020 academic year. 2021. This research is a type of quantitative research using the experimental method (Quasy Experimental Design). The population in this study were all students of MTs Darul Muqimin, Java City. The sampling technique was carried out by class random sampling. The samples in this study were students of class VIIIa as the experimental class and VIIIb as the control class. The data collection technique is a test. The analytical technique used in this study is the t-test of two uncorrelated samples. The results of this study indicate that there is an influence on student learning outcomes by applying the MURDER learning model (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand and Review) the submission of the hypothesis to obtain a sig (2-tailed) value of 0.002 < than 0.05 which has a value smaller than a so that it can be concluded that HO is rejected and H1 is accepted, which means that there is an influence of the MURDER learning model (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand and Review) on the learning outcomes of class VIII students on the subject of moral aqidah at MTs Darul Muqimin

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Nov 2021 04:24
Last Modified: 11 Nov 2021 04:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16360

Actions (login required)

View Item View Item