PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN KOMUNIKASI ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI PRODUK PAKAIAN WANITA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Masyarakat Bandar Lampung Berusia 18-24 Tahun) Diajukan Untuk Melengkapi Tugas-Tugas Dan Memenuhi Syarat-Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana S1 dalam Ilmu Ekonomi (S.E)

NURASIAH, NURASIAH (2021) PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN KOMUNIKASI ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI PRODUK PAKAIAN WANITA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Masyarakat Bandar Lampung Berusia 18-24 Tahun) Diajukan Untuk Melengkapi Tugas-Tugas Dan Memenuhi Syarat-Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana S1 dalam Ilmu Ekonomi (S.E). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas sebuah pengaruh Media Sosial Instagram dan komunikasi Electronic Word Of Mouth terhadap Minat Beli konsumen pada produk pakaian wanita yang dimana pakaian atau fashion merupakan salah satu kebutuhan sekunder seorang konsumen khususnya kaum wanita. Hanya dengan membuka akun Instagram dari penjual produk pakaian konsumen mampu melihat dan mendapatkan informasi tentang produk yang dicari, hal ini juga berlaku pada tanggapan atau komentar atau yang telah ditinggalkan oleh konsumen sebelumnya yang telah membeli produk tersebut pada kolom komentar. Sehingga calon konsumen dapat dengan mudah melihat atau membaca ulasan tersebut dan memunculkan minat untuk membeli produk sesuai dengan perilaku yang ada dalam Al-Quran dan Hadist. Ulasan atau tanggapan yang diberikan konsumen sebelumnya disebut dengan komunikasi Electronic Word Of Mouth. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial instagram dan komunikasi electronic word of mouth terhadap minat beli produk pakaian wanita secara simultan dan parsial serta pandangan ekonomi islam terhadap minat beli. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dimana pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner melalui google form. dengan menggunakan skala likert, sampel yang digunakan sebesar 100 responden yang sesuai dengan kriteria yang sudah peneliti ditetapkan.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dan untuk membantu mengolah data menggunakan aplikasi Statistical Produck and Servis Solutions (SPSS) versi 20. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya pada variabel media sosial instagram dan komunikasi electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada produk pakaian wanita. Secara simultan juga dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama ada pengaruh secara positif antara variabel independen media sosial instagram dan komunikasi electronic word of mouth terhadap variabel dependen minat beli, secara parsial variabel media sosial instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, begitu juga variabel komunikasi electronic word of mouth berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli. Dari nilai koefisien R Square sebesar 0,726 yang dimana menujukkan bahwasanya besarnya pengaruh media sosial instagram dan komunikasi electronic word of mouth terhadap minat beli konsumen adalah 72,6% dan 27,4% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Dilihat Dari keseluruhan pelaksanaanyan media sosial instagram dan komunikasi electronic word of mouth dalam mempengaruhi minat beli konsumen pada produk pakaian wanita sesuai dengan faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli. Dalam ekonomi islam media sosial instagram dan komunikasi electronic word of mouth dalam memasarkan ataupun memperkenalkan produk sudah sesuai dengan anjaran islam yang terdapat dalam Al-qur’an, begitu juga dengan konsumen yang memberikan tanggapan maupun rekomendasi kepada konsumen lain tidak dilebih-lebihkan dan sesuai dengan fakta yang ada. Kemudian pada minat beli konsumen pada produk pakaian sudah cukup dan sesuai dengan ajaran islam, yaitu menerapkan adanya maslahah yang mana diperbolehkannya ber keinginan untuk membeli suatu produk selagi tidak keluar dari ajaran yang telah tertuang dalam Al-Qur’an. Kata Kunci: Media Sosial Instagram, Komunikasi Electronic Word Of Mouth, Minat Beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Nov 2021 03:35
Last Modified: 11 Nov 2021 03:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16357

Actions (login required)

View Item View Item