PERANAN MAHASISIWA DALAM MENDUKUNG PERKEMBANGAN PERBANKAN SYARIAH DI ERA INDUSTRI 4.0 (Studi Pada Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah UIN Raden Intan Lampung)

Ayu, Safitri (2021) PERANAN MAHASISIWA DALAM MENDUKUNG PERKEMBANGAN PERBANKAN SYARIAH DI ERA INDUSTRI 4.0 (Studi Pada Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah UIN Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI AYU SAFITRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ASTRAK Perbankan syariah sebagai lembaga yang bergerak dalam lingkup finansial/pembiayaan pada era ini menjadi tantangan tersendiri, selain memiliki peluang juga pesaing seperti semakin berkembangnya fintech. Hal ini tentu memerlukan kreatifitas dan inovasi terus menerus dari perbankan syariah sendiri serta. Mahasisa Prodi Perbankan Syariah dapat turut ambil peran sebagai garda terdepan dalam mensosialisasikan perbankan syariah di masyarakat. Semakin banyak orang yang mengetahui dan mempercayai perbankan syariah maka akan sangat mendukung pertumbuhan dan perkembangan dari perbankan syariah. Mahasiswa dapat menjadi pionir-pionir dalam perkembangan perbankan islam di era 4.0. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa peranan serta implementasi peranan mahasiswa program studi perbankan syariah UIN Raden Intan Lampung dalam mendukung perkembangan perbankan syariah di era 4.0. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik random sampling, dengan populasi mahasiswa perbankan syariah Angkatan 2016 yang berjumlah 233 orang dengan sampel 23 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket. Teknik Analisa data yang digunakan adalah metode deskripstif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah telah ikut berperan dalam mendukung perkembangan perbankan syariah di era 4.0. Hal ini disebabkan oleh beebrapa faktor yaitu seperti kemuan dari diri sendiri dan kewajiban atau keharusan dalam memenuhi kebutuhan dalam perkuliahan seperti pembayaran UKT, program matrikulasi, persyaratan dalam program beasiswa dll. Implementasi peran mahasiswa Prodi Perbankan Syariah dalam penelitian ini dari adanya mahasiswa yang sudah menggunakan jasa keuangan syariah, dan menyampaikan literasi yang berkenaan dengan perbankan syariah yang kemudian memotivasi keluarga, teman dan masyarakat di lingkungan sekitar untuk mempelajari, menggunakan dan terus mengkaji tentang ekonomi syariah khususnya perbankan syariah. Dapat dilihat bahwa mahasiswa dapat membawa perubahan dengan usaha�usaha yang telah dilakukan meski belum 100%. Kata Kunci: Aktor, Akselerator, Edukator, Motivator, Peranan Mahasiswa, Perbankan Syariah, Industri 4.0

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Nov 2021 03:11
Last Modified: 11 Nov 2021 03:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16350

Actions (login required)

View Item View Item