PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN SOSIAL KEAGAMAAN PONDOK PESANTREN HA ANA DZA LAMPUNG TIMUR

M. KHOIRUL, ROZAQIN (2021) PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN SOSIAL KEAGAMAAN PONDOK PESANTREN HA ANA DZA LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI M. KHOIRUL ROZAQIN pasca  sidang  2021 fix.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen merupakan proses terpenting dalam setiap organisasi, sebab pada dasarnya manajemen itu berurusan dengan tujuan bersama, cara- cara orang bekerja dan pemanfaatan sumber-sumber yang ada. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa manajemen selalu berkepentingan dengan tujuan, pola kerja dan sumber daya manusia yang ada dalam suatu sosial tertentu.Dengan melihat unsur-unsur pekerjaan manajemen mengenai penempatan sumber daya manusia itu sendiri. Manajemen diperlukan untuk meningkatkan evektifitas Sumber Daya Manusia dalam organisasi. Tujuannya adalah untuk memberikan kepada organisasi satuan kerja yang efektif. Manajemen sumber daya manusia lebih menitik beratkan pada faktor produksi tenaga kerja. Untuk merencanakan dan mengolah suatu pekerjaan amatlah penting untuk dilaksanakan terutama dalam hal pengelolaan suatu lembaga pendidikan dalam rangka pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas dalam lingkup pondok pesantren. Sebagaimana halnya yang dicita-citakan semua pondok pesantren terutama Pondok pesantren Ha Ana Dza Lampung Timur. Oleh sebab itu Dalam rangka menjalankan manajemen sumber daya di pondok pesantren, diperlukan adanya kejelasan tugas dan tanggungjawab pengurus pondok pesantren tersebut, baik itu berkenaan dengan rencana kerja pondok pesantren, dan pembagian tugas diantara anggota pengurus pondok pesantren. Dari latar belakang yang telah diuraikan, maka penulis mencoba untuk mengetahui bagaimana penerapan manajemen sumber daya manusiadalamPondokPesantren Ha Ana Dza. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini yaitu 1)Bagaimana penerapan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia di Pondok Pesantren Ha Ana Dza Lampung Timur?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan fungsi Keagamaan di pondok pesantren Ha Ana Dza Lampung Timur.Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah field research dengan penelitian yang bersifat deskriptif analitik. Data yang dikumpulkan berupa data primer, data sekunder dan tersier juga dari buku-buku maupun literatur lainnya yang di lakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian data tersebut dikelola dengan cara editing dan systematizing, kemudian dianalisis dalam bentuk analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan iii maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan fungsi manajemen sumber daya manusia di Pondok pesantren Ha Ana Dza Lampung Timur telah sesuai, Pelaksanaan sumber daya non manusia (pendukung) telah dapat membantu mengarahkan dan menggerakkan pengurus dan santrinya sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing secara efektif dan efisien. Dengan melihat bukti bahwa pelaksanaan fungsi manajemen sumber daya manusia dan pendukungnya telah dapat meningkatkan fungsi sosial keagamaan sebagai lembaga dakwah, lembaga pendidikan, lembaga pengembangan sumber daya manusia dan lembaga pemberdayaan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:54
Last Modified: 11 Nov 2021 02:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16344

Actions (login required)

View Item View Item