PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING TK KURNIA USIA 5-6 TAHUN KUPANG KOTA BANDAR LAMPUNG

VIRA, MAULY BASRIE (2021) PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING TK KURNIA USIA 5-6 TAHUN KUPANG KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Vira Mauly .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan motorik halus anak di TK Kurnia Kupang Kota belum berkembang secara maksimal. Hal ini dikarenakan cara mengajar guru yang kurang bervariasi dan kurang menarik bagi anak sehingga anak lebih memilih untuk diam dalam kegiatan. Untuk itu dibutuhkan suatu metode dalam pembelajaran. Salah satu metode yang digunakan dengan melalui kegiatan finger painting. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan finger painting di TK Kurnia Kupang Kota. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 2 siklus yaitu meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak di TK Kurnia Kupang Kota, Bandar Lampung yang terdiri dari 20 anak pada kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdapat tiga langkah yaitu, reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa kegiatan finger painting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di TK Kurnia Kupang Kota. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penilaian siklus I dan II yang menunjukan bahwa kemampuan motorik halus anak mengalami peningkatan dan sudah mencapai kriteria perkembangan yang diharapkan yaitu BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Hal tersebut juga dapat diilihat saat proses kegiatan finger painting berlangsung, anak sudah dapat mengkoordinasi mata dan tangannya. Hal ini terlihat dari anak sudah dapat menggunakan tangan dan jari-jarinya untuk melukis dengan baik serta jari-jari anak nampak lentur pada saat kegiatan melukis. Kata Kunci : Finger Painting, Motorik Halus Anak, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Nov 2021 03:47
Last Modified: 10 Nov 2021 03:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16317

Actions (login required)

View Item View Item