BIMBINGAN KEAGAMAAN ORANG TUA MELALUI POLA KOMUNIKASI DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI DESA TRI MUKTI JAYA KECAMATAN BANJAR AGUNG KABUPATEN TULANG BAWANG

DIMAS, RIVALDI (2021) BIMBINGAN KEAGAMAAN ORANG TUA MELALUI POLA KOMUNIKASI DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI DESA TRI MUKTI JAYA KECAMATAN BANJAR AGUNG KABUPATEN TULANG BAWANG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of COVER,BAB 1,BAB2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Bimbingan keagamaan merupakan suatu kegiatan yang diharapkan dapat mengembangkan kecerdasan spiritual anak yang mengalami kepribadian yang kurang baik, dikarenakan pengaruh lingkungan yang mulai tidak terkontrol sehingga belum bisa mengamalkan kewajiban sebagai seorang muslim yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan keagamaan melalui pola komunikasi dalam pengembangan kecerdasan spiritual dan untuk mengetahui hasil bimbingan keagamaan melalui pola komunikasi dalam pengembangan kecerdasan spiritual dalam hal keimanan dan ketakwaan. Sampel penelitian ini berjumlah 7 keluarga yang mempunyai anak usia 6-12 tahun dari populasi seluruh objek penelitian di Desa Tri Mukti Jaya Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang berjumlah 37 kepala keluarga. Jenis penelitian ini bersifat Field Research dan bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Permasalahan penelitian adalah bagaimana bimbingan keagamaan orang tua melalui pola komunikasi dalam pengembangan kecerdasan spiritual anak sehingga menjadi kebiasaan baik yang selalu tertanam dalam kehidupan sehari-hari. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan bimbingan keagamaan yang diberikan adalah kegiatan bimbingan spiritual berisi kegiatan ibadah seperti shalat, puasa, dzikir dan membaca serta memahami Al-Quran. Metode yang digunakan adalah metode Uswatun Hasanah, Nasihat, Individual, Sedangkan materi yang digunakan adalah materi aqidah, akhlak dan ibadah. Bimbingan ini efektif untuk diterapkan sehingga hasil dari pelaksanaan bimbingan keagamaan adalah meningkatkan keimanan dan ketaqwaan anak, memiliki sikap positif, bertanggung jawab, istiqomah, tawakal dan berpegang teguh kepada agama Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Nov 2021 02:55
Last Modified: 10 Nov 2021 02:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16315

Actions (login required)

View Item View Item