STRATEGI PEMASARAN PROGRAM HAJI DAN UMROH PADA PT. DAANISH MIKA SALSA TOURS AND TRAVEL DALAM MENARIK MINAT CALON JAMA’AH DI BANDAR LAMPUNG

Riki, Septiansyah (2021) STRATEGI PEMASARAN PROGRAM HAJI DAN UMROH PADA PT. DAANISH MIKA SALSA TOURS AND TRAVEL DALAM MENARIK MINAT CALON JAMA’AH DI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of bab 1 - 2 dapus.pdf] PDF
Download (854kB)

Abstract

ABSTRAK Strategi pemasaran adalah sebuah alat yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan untuk menunjang tujuan yang ingin dicapai sebuah perusahaan. Strategi pemasaran juga merupakan alat agar perusahaan bisa bertahan dan meningkatkan daya saingnya dalam menarik minat konsumen, dalam hal ini berkaitan dengan biro perjalanan haji dan umrah yaitu untuk menarik minat calon jamaahnya. Oleh sebab itu strategi pemasaran dijadikan alat untuk mempengaruhi atau menarik minat calon jama’ah umrah dan haji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang dipakai oleh PT.DMS Tours & Travel dalam meningkatkan minat calon jama’ah untuk menggunakan jasa mereka dan juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dialami oleh PT.DMS Tours & Travel dalam meningkatkan minat calon jama’ah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan cara mengangkat data yang didapat di lapangan yang berkaitan dengan strategi pemasaran program haji dan umrah dalam menarik minat calon jama’ah. Penelitian ini menggunakan teknik interview, observasi, dan dokumentasi. Interview dilakukan dengan manajer PT.DMS Tours & Travel. Observasi menggunakan data langsung dan pengamatan yang dilakukan guna mendapatkan data yang konkret. Dokumentasi yang dilakukan dalam mencari data berupa catatan, buku, dan foto. Dari hasil penelitian PT.DMS Tours & Travel menggunakan strategi pemasaran diversivikasi konsentrik. Yaitu strategi pemasaran yang menawarkan berbagai program yang sesuai dengan kemapuan calon jama’ah sehingga memudahkan untuk memilih program mana yang akan digunakan. Dan juga strategi pemasaran ini mengacu pada bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari 4 poin utama yaitu produk, harga, tempat, dan juga promosi. PT.DMS Tours & Travel memiliki berbagai macam produk yang ditawarkan sehingga bisa menarik minat calon jama’ah untuk menggunakan jasa dari PT.DMS Tours & Travel yaitu: Haji reguler dan plus serta umrah reguler, ramadhan dan juga plus. Adapun faktor pendukung yang mempengaruhi PT.DMS Tours & Travel dalam menjalankan strategi pemasaran nya adalah dikarenakan Indonesia merupakan Negara dengan penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia sehingga sasaran yang dituju dalam strategi pemasaran mereka lebih luas dan mudah. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain seperti kejadian-kejadian yang tak terduga seperti faktor bencana alam, birokrasi yang ketat, dan kurang stabil nya kurs rupiah terhadap dolar yang menyebabkan biaya tiket pesawat dan hotel menjadi naik sehingga dapat memperlambat operasional dalam melaksanakan strategi pemasaran yang sudah dirancang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Nov 2021 02:31
Last Modified: 10 Nov 2021 02:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16313

Actions (login required)

View Item View Item