PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, KEPUTUSAN PENDANAAN, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2018 – 2020)

TRY AGENG, INDAH SUSILAWATI (2021) PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, KEPUTUSAN PENDANAAN, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2018 – 2020). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Persaingan bisnis yang terjadi saat ini membuat setiap perusahaan harus melakukan perencanaan strategi yang baik untuk meningkatkan kinerja agar tujuan perusahaan dapat tercapai. Tujuan utama suatu perusahaan adalah memaksimumkan nilai perusahaan bagi kemakmuran pemegang saham. Manajemen perusahaan harus mengambil keputusan keuangan yang tepat sehingga berdampak pada peningkatan nilai perusahaan. Keputusan keuangan tersebut adalah keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan kebijakan dividen. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif, dengan populasi seluruh perusahaan yang terdaftar pada Jakarta Islamic Index periode 2018 - 2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 perusahaan. Data yang diolah merupakan data sekunder yang diperoleh dari situs resmi masing�masing perusahaan dan situs resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi data panel dengan bantuan program eviews 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel keputusan investasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai probabilitas sebesar 0,4280, variabel keputusan pendanaan berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai probabilitas sebesar 0,0001, dan variabel kebijakan dividen tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan nilai probabilitas sebesar 0.4146. Secara simultan, variabel keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan kebijakan dividen secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai Prob. (F-statistic) sebesar 0,0000. Kata kunci: Dividen, Investasi, Nilai Perusahaan, Pendanaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Nov 2021 04:08
Last Modified: 09 Nov 2021 04:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16304

Actions (login required)

View Item View Item